Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SD di Kabupaten Demak

Nizaruddin Nizaruddin, Muhtarom Muhtarom, Aryan Eka Prastya Nugraha, Yanuar Hery Murtianto, Duwi Nuvitalia, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Salah satu permasalahan pokok yang harus diselesaikan adalah rendahnya kemampuan serta keterampilan guru SD di Kabupaten Demak dalam menulis artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan pengabdian dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah guru khususnya terkait pembuatan artikel ilmiah. Kegiatan pengabdian diikuti sebanyak 40 guru SD di Kabupaten Demak. Pelatihan menggunakan pendekatan andragogi dimana persentase kegiatan praktik lebih besar dari pada kegiatan penyampaian materi. Pendampingan secara intensif juga dilakukan untuk memastikan bahwa luaran dari kegiatan pelatihan ini dapat tercapai. Hasil kegiatan menunjukkan tingginya antusiasme guru saat pelatihan maunpun pendampingan praktik pembuatan artikel ilmiah. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman guru dalam menulis artikel ilmiah, sebanyak dua puluh guru telah dapat membuat artikel dengan baik dan telah mensubmit artikelnya di jurnal ilmiah yang dituju.

One of the main problems that must be resolved is the low ability and skills of elementary school teachers in Demak Regency in writing scientific articles based on classroom action research (PTK). Service activities are carried out to help solve teacher problems, especially related to making scientific articles. The service activity was attended by 40 elementary school teachers in Demak Regency. The training uses an andragogical approach where the percentage of practical activities is greater than the delivery of material. Intensive mentoring is also carried out to ensure that the output of this training activity can be achieved. The results of the activity show the high enthusiasm of teachers during training and mentoring in the practice of writing scientific articles. The results of mentoring activities show that there is an increase in teachers' understanding of writing scientific articles, as many as twenty teachers have been able to make articles well and have submitted their articles to the intended scientific journals.

Keywords


Article; classroom action research; teacher improvement

Full Text:

PDF

References


Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17-32.

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan guru melalui pelatihan penulisan karya ilmiah di sekolah menengah kejuruan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105-114.

Darmalaksana, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk keberhasilan mahasiswa dalam publikasi ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-15.

Dewi, P. K., Rizal, M. S., Ardhian, D., & Hardinata, V. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas pada guru SMP. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 7-17.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70-77.

Kartinah, K., Rahmawati, N. D., Sutrisno, S., Muhtarom, M., & Harun, L. (2021). Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SMA Negeri 1 Mayong. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(4), 82-85.

Marwa, M., & Dinata, M. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasi di jurnal bagi guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71-82.

Ma’ruf, M. H., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dari skripsi dan tesis untuk mahasiswa serta cara publikasinya ke jurnal nasional. Jurnal ABDAYA: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 6-12.

Miaz, Y., Zuardi, Z., & Putera, R. F. (2020). Pelatihan penulisan penelitian tindakan kelas untuk guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 19-25.

Nizaruddin, N., Muhtarom, M., Nugraha, A. E. P., Murtianto, Y. H., Nuvitalia, D., & Zuhri, M. S. (2022). Pelatihan untuk Meningkatkan Pemahaman Guru SMP N 2 Gubug dalam Penulisan Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 72-78.

Nizaruddin, N., Muhtarom, M., Nugraha, A. E. P., Roshayanti, F., & Sumarno, S. (2021a). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 66-70.

Nizaruddin, N., Purwati, H., Prayito, M., Murtianto, Y. H., & Aini, A. N. (2021b). IbM MGMP Matematika Kabupaten Batang. Pelita: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 7-11.

Novitasari, N. F. (2019). Pelatihan penulisan artikel ilmiah: Menuju guru berkualitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (JPPM), 4(3), 255-266.

Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.

Pratiwi, I., Aida, N., Hermanto, S. R., & Akhdiyatul, A. (2022). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru di SMP PGRI 3 Sungai Awan Kiri Kalimantan Barat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 144-151.

Redhana, I. W. (2014). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru kimia di Kabupaten Buleleng. Widya Laksana, 3(2), 20-33.

Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2015). Profil artikel ilmiah buatan guru pada pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal Abdi: Media pengabdian kepada masyarakat, 1(1), 1-7.

Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53-61.

Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21-27.

Uspayanti, R., Sari, D. K., & Fredy, F. (2022). Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SMA Negeri 2 Merauke Provinsi Papua. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 107-116.

Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1), 25-29.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.1.123-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nizaruddin Nizaruddin, Muhtarom Muhtarom, Aryan Eka Prastya Nugraha, Yanuar Hery Murtianto, Duwi Nuvitalia, Sutrisno Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.