Training and Coaching Clinic Public Speaking for Improving Teenagers’ Communication Skill in the Society Era 5.0.

Syifa Fadhilah Hamid, Alfian Pratama, Nur Musvita Sari

Abstract


Pelatihan ini dilakukan untuk mengembangkan satu soft skill yang harus dikuasai para remaja dalam menghadapi masyarakat era 5.0 yaitu kemampuan berkomunikasi. Keterampilan komunikasi yang efektif dan komprehensif di era Society 5.0 sangat dibutuhkan. Namun, terjadi pada remaja dan pemuda di sekitar Desa Poris Jaya, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia yang mengaku kesulitan berbicara di depan umum dengan percaya diri yang tinggi, sehingga tidak dapat menyampaikan idenya kepada masyarakat secara efektif. Hasil observasi, remaja khususnya anggota Karang Taruna merasa perlu menguasai kemampuan berkomunikasi dan berbicara di depan umum, karena ini juga berkaitan dengan soft skill yang harus dimiliki dalam menghadapi era masyarakat 5.0. Mereka juga merasakan dampak pandemi yang meminimalkan komunikasi langsung. Berangkat dari hal tersebut, fasilitator bermaksud untuk mengadakan pelatihan dan pembinaan public speaking bagi remaja di sekitar Kecamatan Poris Jaya dengan menggunakan Metode PAR (Participatory Action Research) yang dimodifikasi. Tahapan metode tersebut adalah Perencanaan, Pelaksanaan dan Refleksi. Pelatihan ini diikuti oleh berbagai usia remaja dari anggota Karang Taruna dan siswa SMP di sekitar Poris Jaya. Hasil pelatihan menunjukkan tanggapan dan dampak positif dari para peserta karena membawa wawasan dan pengetahuan baru bagi generasi muda khususnya pemuda di sekitar Poris Jaya, Kota Tangerang untuk lebih mengenal pentingnya public speaking dalam meningkatkan kemampuan komunikasi mereka di era masyarakat. 5.0.

Keywords


Public Speaking; Teenagers; Communication Skill; Society Era 5.0.

Full Text:

PDF

References


Alfitra, Y. (2022). Pelatihan Muhadharah Sebagai Training Public Speaking Santri Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen. KHADEM: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1, 10–23.

Balti, L. (2021). Digital Literacy : The Freedom of Speech to Face Society 5.0. 3(2), 37–44.

Fraleigh, D. M., & Tuman, J. S. (2017). Speak Up!: An Illustrated Guide to Public Speaking. Bedford/St. Martin’s.

Prasetyo, D. A. (2019). Pentingnya Soft Skills Public Speaking Dalam Pengingkatan Kualitas Pendidikan. 49–52.

Predy, M., Sutarto, J., Prihatin, T., & Yulianto, A. (2019). Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital ( Society 5 . 0 dan Revolusi Industri 4 . 0 ) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1118–1125.

Putri, N. L. P. N. S., Widyawati, P. A., Lestari, N. P. Y., Pratiwi, K. I. J., Suhendra, I. P. C., & Dewi, N. G. A. N. (2021). Pelatihan Public Speaking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMAN 1 Bebandem. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 5(3), 27–30. http://journal.fdi.or.id/index.php/jatiemas/article/view/463

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). MODEL PARTICIPATION ACTION RESEARCH DALAM DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 62–71.

Raman, P., Soliman, D., & Hewitt, J. (2021). Please Introduce Yourself : Exploring Student Identity in Academic Online Spaces. 283–284.

Selwen, P., & Rahena, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 3(2), 63.

Sumarno. (2019). Pembelajaran kompetensi abad 21 menghadapi era Society 5.0. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 272–287. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/28

Tamelab, P., Hendritha, M., & Oetpah, D. (2021). Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam kemampuan public speaking di sekolah tinggi pastoral keuskupan agung Kupang. Jurnal Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 2(1), 54–63. https://www.ejurnal.org/index.php/selidik/article/view/38




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.1.75-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syifa Fadhilah Hamid, Alfian Pratama, Nur Musvita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.