Program Magang Keahlian sebagai Sarana Praktik dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa di Bidang Penerbitan

Muna Haddad Al Ansori Tanjung, Netty Bayani Harahap, Martina Enjeli Siboro, Muharrina Harahap

Abstract


Pelaksanaan program magang keahlian yang berlangsung pada tanggal 04-15 Oktober 2021 di CV. Obelia Publisher yang berlokasi di Jalan Amaliun No. 152 Kota Medan ini dikemas dengan konsep yaitu 1) pemecahan masalah oleh mahasiswa yang mengikuti program magang setelah dilakukan tahap identifikasi masalah dan 2) pelaksanaan rangkaian kegiatan pelatihan oleh pihak CV. Obelia Publisher kepada mahasiswa yang mengikuti program magang. Metode yang digunakan dalam program magang keahlian ini dirangkum pada tiga tahap yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, dan 3) tahap evaluasi yang meliputi pembuatan laporan akhir. Program magang keahlian ini efektif sebagai wadah mahasiswa mempraktikkan pengetahuan yang telah ia serap di perkuliahan secara langsung di tempat kerja, menambah wawasan serta pengalaman mahasiswa, meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa di bidang keahlian tertentu melalui berbagai pelatihan, serta membekali mahasiswa dengan suatu keterampilan yang dapat dimanfaatkan setelah lulus dari bangku perkuliahan. Melalui pelaksanaan program magang keahlian ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk praktik kerja di perusahaan mitra tempat magang. Mahasiswa juga dilatih untuk dapat bekerja dan berkolaborasi dalam tim serta efektif dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam bidang keahlian tertentu.

The apprenticeship skill program, which was held on Oktober 4-15, 2021 on CV. Obelia Publisher located at Jl. Amaliun No. 152 Medan city is packed with concept: 1) problem solving by the students who undergoes the apprenticeship after the problem identification phase and 2) implement a series of training activities by the CV. Obelia Publisher to the student s who joined the apprenticeship program. The method used in this program are 1) the preparation stage, 2) the implementation stage, and 3) the evaluation and reporting stage. This program is effective as students’ media to practice the knowledge he has been able to lecture directly at work, improve students’ insights and experiences, improve students’ skill and competence in specific of expertise through various training and equip students with skill that could be used after graduating. Through this program students are not only required to practice employment at the partner firm’s apprentice. Students are also trained to work and collaborate in teams and be effective in improving skill and competence in specific areas of expertise.

Keywords


Magang di Penerbitan; Program magang keahlian; Peningkatan kompetensi; Publishing internship; Apprenticeship program; Competence improvements

Full Text:

PDF

References


A'lawiyyah, I., Wibisono, N., & Hardiyanto, N. (2021). Proyek Perancangan Video Promosi sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness Kreuz Bike Indonesia di Instagram. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4-5 Agustus 2021.

Effrisanti, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Program Magang Sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills Mahasiswa. EKSIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1).

Eneste, P. (2017). Buku Pintar Penyuntingan Naskah. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Iswati, L. (2019). Pelatihan TOEIC untuk siswi-siswi Tata Busana SMK Muhammadiyah Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Indonesian Journal of Community Services, 1(2).

Izzati, N. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal EduMa, 3(1).

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3).

Ramdani, G. (2019). Penerbitan. IPB Press.

Rinandiyana, L. R., Masitoh, N., Munawar, A. H., Badriatin, T., Muflihah, R., Sudiarti, S., Mardani, D. A., & Mujtahidin, F. W. (2021). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Magang Online Saat Pandemi Covid 19. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Sidiq, S., Pramono, W. B., & Damayanti, A. (2013). Pelatihan Menulis Kreatif Untuk Mengembangkan Potensi dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(3).

Suhendra, M. F., Helmiawan, M., & Indrasari, N. P. (2020). Tantangan Pelaku Penerbitan Di Era Industri 4.0: Sebuah Tinjauan. MEDIASI - Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.5.1.1-11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Community Services

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.