Pola Asuh Efektif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Era Digital

Nailis Saadah, Kholida Firdausia, Naila Afrida, Yunis Widyaningrum, Muhammad Shofiyuddin, Muhammad Nofan Zulfahmi

Abstract


Desa Purwogondo memiliki Yayasan Cinta Harapan Indonesia (YCHI) yang bergerak di bidang lembaga pendidikan. YCHI ingin menjadi pusat yang terunggul dan terdepan dalam penanganan autisma berbasis Applied Behavior Analysis melalui pendidikan, pelatihan keterapian dan penelitian. Tujuan pengabdian ini yaitu, membangun relasi yang hangat antara orang tua dan anak melalui penerimaan, kepedulian dan sikap responsif terhadap kebutuhan anak serta adanya batasan-batasan yang diwujudkan melalui tuntutan dan kontrol di era digital. Metode yang digunakan adalah dengan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan diperoleh hasil data secara garis besar setelah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masayarakat, pemahaman orang tua terkait pola asuh efektif untuk anak berkebutuhan khusus di era digital berhasil dipahami dengan baik. Simpulannya adalah kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar sehingga ada respon yang baik dari orang tua agar dapat menerapkan pola asuh efektif untuk anak berkebutuhan khusus di era digital untuk kedepannya. Oleh karena itu, orang tua harus mampu menerapkan pola asuh yang efektif sesuai dengan perkembangan zaman.

Purwogondo village has the Yayasan Cinta Harapan Indonesia YCHI which is engaged in educational institutions. YCHI wants to be the center of excellence and foremost in the treatment of autism based on Applied Behavior Analysis through education, therapeutic training and research. The purpose of this service is to build a warm relationship between parents and children through acceptance, care and responsiveness to children's needs and the existence of boundaries that are realized through demands and controls in the digital era. The method used is the preparation, implementation and evaluation. Based on the results of the activity evaluation, it was obtained that after the community service activities were carried out, the understanding of parents regarding effective parenting for children with special needs in the digital era was well understood. The conclusion is that this service activity runs smoothly so that there is a good response from parents so that they can implement effective parenting for children with special needs in the digital era in the future. Therefore, parents must be able to apply effective parenting in accordance with the times.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus; Parenting; Children with Special Needs; Digital Era

Full Text:

PDF

References


Amelasasih, P. (2016). Resiliensi Orang Tua yang Mempunyai Anak Berkebutuhan Khusus. PSIKOSAINS. 11 (2): 72-81. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i2.638

Aslan. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua di Era Digital. Jurnal Studia Insania. 7 (1): 20-34. https://dx.doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Devi, G. P. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Pola Pendidikan di Sekolah dalam Pembentukan Kemandirian Anak Tunagrahita. Jurnal Al-Shifa. 5 (2): 209-221. http://etheses.uin-malang.ac.id/1505/12/11410069_Ringkasan.pdf

Khotimah, A. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Al-Hidayah Plus Madiun. Skripsi.

Lubis, H. d. (2019). Pola Asuh Efektif di Era Digital. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat. 1 (2): 102-109. http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2967

Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Indigenous. 1 (2): 99-105. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.2764

Mufidah, P. A. (2019). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di SD SLB Negeri Kroya Kabupaten Cilacap. Skripsi.

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif untuk Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 10 (2): 143-161. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/166

Riadin, A. d. (2017). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal. 17 (1): 22-27. https://doi.org/10.33084/anterior.v17i1.17

Suchyadi, S. S. (2018). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Tuna Netra Berprestasi Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. 1 (1): 99-108. http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v11i2.638




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.3.2.108-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.