Pembelajaran Literasi Digital PAUD melalui Pelatihan Tutor Paud di Pos PAUD Dahlia Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan

Tarcisia Sri Suwarti, Siti Lestari, Muhammad Wahyu Widiyanto

Abstract


Perkembangan teknologi mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia secara signifikan. Bentuk paling sederhana dari teknologi yang sering digunakan secara digital adalah emoticon. Anak-anak usia dini pada era sekarang telah mengenal teknologi modern yang mendukung mereka untuk mengenal dunia sekitar. Sebagai contoh adalah handphone yang memiliki fitur emoticon sebagai sarana komunikasi. Oleh karena itu, para tutor Pos PAUD Dahlia Semarang perlu dibekali pembelajaran literasi digital PAUD dengan media Box Bas yang mengandung unsur emoticon untuk mengimbangi pengetahuan siswanya, sehingga meningkatkan pengetahuan pemanfaatan literasi digital bagi pembelajaran PAUD.

The development of technology supports education in Indonesia significantly. The simplest form of technologies which is often used digitally is emoticon. Early young learners are recently very familiar with technology in order to know the world surround. For example, handphone which has emoticon features to show expressions. Therefore, tutors of Pos PAUD Dahlia Semarang need to be equipped with digital literacy learning through Box Bas media that contains emoticons to correspond with their students knowledge. This activity can upgrade the tutors’ knowledge in teaching early young learner students by using digital literacy learning.


Keywords


digital literacy; tutor; PAUD

Full Text:

PDF

References


Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4). 104-117.

Khotijah. (2016). Strategi pengembangan bahasa anak pada anak usia dini. Elementary, 2, 35-44.

Kurnia, D, N. dkk. (2018). Hubungan pemanfaatan media sosial instagram dengan kemampuan literasi media di UPT Perpustakaan Itenas. Edulib. Vol 8 (1).

Pratiwi,N., & Pritanova,N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Jurnal Semantik. Vol 6 (1). 11-24.

Stefany, S. dkk. (2017). Literasi digital dalam pembukaan diri: Studi korelasi penggunaan media sosial pada pelajar remaja di kota Medan. Sosioglobal. Vol 2 (1). 10-31.

Sujiono, Y. N. (2009). Anak usia dini. Jakarta: Gramedia.

Sulistiyo, G. (2009). Pembelajaran bilingual pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Vol. 36 halaman 1-82.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini: Pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Penerbit Kencana.

Uzer, Y. V. (2019). Strategi belajar bahasa inggris yang menyenangkan untuk pendidikan anak usia dini. PERNIK Jurnal PAUD, Vol 2 no.1 April 2019.

Villalobos-Ulate, N. 2011. Using Songs to Improve EFL Students' Pronunciation. LETRAS: 2(44), 93-108. Nacional University, Costa Rica

Yamin, M. 2010. Panduan pendidikan anak usia dini. Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/ijocs.2.2.118-125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.