Aksiologi Pendidikan Islam: Etika, Moralitas dan Moderasi Beragama
Abstract
Abstrak
Aksiologi yaitu cabang filsafat yang mempelajari nilai-nilai memiliki peran penting dalam mengarahkan tujuan serta manfaat ilmu pengetahuan agar sejalan dengan prinsip kemanusiaan dan ketuhanan. Penelitian ini bertujuan mengkaji dimensi aksiologis dalam pendidikan Islam serta relevansinya dengan pembentukan etika, moralitas, dan moderasi beragama. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam bukan hanya berfungsi sebagai proses transfer ilmu, tetapi juga sebagai upaya transformasi untuk membentuk karakter moral dan integritas spiritual peserta didik. Aksiologi menegaskan bahwa ilmu pengetahuan dalam Islam tidak bebas nilai, melainkan harus diarahkan untuk kemaslahatan dan mendekatkan manusia kepada Tuhannya. Etika dan moralitas menjadi landasan utama dalam membentuk kepribadian berakhlak mulia, sehingga pendidikan mampu melahirkan individu yang cerdas secara intelektual dan bertanggung jawab secara moral. Konsep moderasi beragama (wasathiyyah) yang mencakup nilai-nilai toleransi, keadilan, keseimbangan, dan penghormatan terhadap keberagaman berperan penting dalam menciptakan harmoni sosial serta mencegah sikap ekstrem dan radikal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai aksiologis, etis, dan moderat dalam pendidikan Islam dapat melahirkan insan kamil—manusia paripurna yang berilmu, beriman, berakhlak mulia, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kehidupan sosial serta peradaban manusia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Mufaridah, Hawwin Huda Yana, A. M. (2025). Konsep Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam (Studi Literatur atas Ayat-Ayat Al-Qur’an dan Hadis). Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 222–232.
Arikarani, Y., Azman, Z., Aisyah, S., Ansyah, F. P., & Kirti, T. D. Z. (2024). Konsep Pendidikan Islam Dalam Penguatan Moderasi Beragama. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71–88.
Dan, D., & Para, P. (2021). MAQASHID SYARIAH : 4(2), 201–216.
Fadilah, L. N., Istikomah, N., & Afriantoni, A. (2025). KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(2), 496–508.
Fajri, Z., & Jadid, U. N. (2022). PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF AL GHAZALI DALAM MENANGGULANGI LESS MORAL VALUE Syaidatul Mukaroma 2. 04(01), 31–47.
Hamdani. (2020). Al-ilmu Nurun. Al-Ibrah, 4(2), 25–45.
Hikmah, A. (2025). Filsafat Etika dalam Islam : Antara Akhlak dan Hikmah. 7, 1–11.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter peserta didik upaya penguatan moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Khobir, A., & Luthfiyah. (2023). Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254.
Rafilah, N. H., Surahman, C., & Sumarna, E. (2024). Integrasi Ilmu dan Amal “Kajian Tafsir Tarbawi atas QS Al-Mujadilah Ayat 11 Tentang Adab dan Keutamaan Menuntut Ilmu.” Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur’an, 5(2), 607–614.
Rahma, H. A., Rahmah, N. Z., Mutmainnah, S. N., Zahroh, S. N., & Parhan, M. (2025). Epistemologi dan Aksiologi: Menelusuri Pengetahuan, Sumbernya, serta Implikasinya dalam Etika dan Estetika. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(4), 911–916.
Rauf, A. (2019). Ummatan Wasaṭan Menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah Dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 20(2), 223–243. https://doi.org/10.14421/qh.2019.2002-06
Rizzan, R., Supriadi, S., Suaningrat, S., & Imam Subekti. (2025). Aksiologi Pendidikan Islam dan Landasan Filosofis Pendidikan Secara Umum. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(2), 763–770. https://doi.org/10.56799/jim.v4i2.7161
Salam, A. (2023). Metode penelitian kualitatif. CV. Azka Pustaka.
Salsabila, S. A., Rianti, I., Anjani, A. A., Muhsonawawi, M., & El-Yunasi, M. Y. (2024). Konsep aksiologi dalam meningkatkan nilai pendidikan Islam. Jurnal Al-Fatih, 7(1), 1–22.
Salsabilah, S. A., Rianti, I., Anjani, A. A., Muhsonawawi, M., & El-yunasi, M. Y. (2024). Konsep Aksiologi Dalam Meningkatkan Nilai Pendidikan Islam. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, VII(1), 1–22.
Shabri Saleh Anwar, M. P. I. (2025). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Buku Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Yayasan Doa Para Wali.
Syam, N., Kamaruddin, S. A., & Sinring, A. (2025). Etika dalam Ilmu Pengetahuan. Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 128–134. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9066
Ummah, M. S. (2019). Aksiologi Pendidikan Islam. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Zakiah, S. S., & Nursikin, M. (2023). Konsep Dasar Islam Wasathiyah Perspektif Ulama Muslim. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(1), 193–202.
DOI: https://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.2.137-147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License







