Urgensi Pendidikan Karakter Perspektif Pendidikan Islam
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya yang dirancang secara sistematis untuk membantu individu memahami, menginternalisasi, dan mengamalkan prinsip etika serta nilai moral yang diterima dalam kehidupan. Dalam perspektif pendidikan Islam, urgensi pendidikan karakter menjadi semakin relevan sebagai fondasi utama dalam pembentukan akhlak mulia dan kepribadian yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi pendidikan karakter melalui pendekatan pendidikan Islam dengan menyoroti konsep, dasar, serta implementasinya dalam konteks kekinian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur, guna menggali secara mendalam landasan filosofis, normatif, dan praktis dari pendidikan karakter. Kajian ini membahas pengertian karakter dan pendidikan karakter, urgensi pengembangannya, serta nilai-nilai karakter yang harus ditanamkan, baik berupa nilai-nilai universal maupun nilai-nilai yang bersumber dari ajaran agama Islam, budaya bangsa, Pancasila, dan tujuan pendidikan nasional. Selain itu, dibahas pula strategi implementasi pendidikan karakter yang harus dirancang secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan di lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan karakter dalam perspektif Islam tidak hanya berperan membentuk perilaku, tetapi juga membangun kesadaran spiritual dan tanggung jawab sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Kata Kunci: Karakter, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1). https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581
Daud, S. M., Naway, F. A., & Arwildayanto, A. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter. Student Journal of Educational Management. https://doi.org/10.37411/sjem.v3i1.1698
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Faqih, M. (2020). PERSEPSI SISWA MENGENAI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER YANG COCOK UNTUK GENERASI MUSLIM MILENIAL DI KOTA MATARAM. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3120
Ginanjar, M. H. (2013). Keseimbangan Peran Orang tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02.
Ginanjar, M. H. (2014). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 02.
Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Kahfi, R., Aisyah, S. N., Hijriyah, H., & Nasution, D. R. N. (2023). Klasifikasi Tasawuf: Amali, Falsafi, Akhlaki. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1).
Khoemaeny, E. F. F., & Hamzah, N. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman : 12-19. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume.
Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150
Munawarah, & Hidayat, N. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Islam di Masyarakat. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.119
Ngatiman, N., & Ibrahim, R. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2). https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.949
Pitri, A., Ali, H., & Anwar Us, K. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDIDIKAN ISLAM: PARADIGMA, BERPIKIR KESISTEMAN DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PENDIDIKAN). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(1). https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.854
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3). https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456
Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Rosyid, A. (2023). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 2(2). https://doi.org/10.61456/tjiec.v2i2.87
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. MANAZHIM, 3(1), 110–126. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1075
Soetari, E. (2017). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1).
Styawati, Y. (2016). Prophetic Parenting Sebagai Paradigma Pendidikan Karakter. Didaktika Religia, 4(2). https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i2.p86-110.2016
Sukmanila Sayska, D. (2017). Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Berbasis sunnah Rasulullah (Studi Kasussditan-Najah Takengon, Aceh Tengah). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, VI(2).
Umagap, S., Salamor, L., & Gaite, T. (2022). Hidden Curriculum ( Kurikulum Tersembunyi ) sebagai wujud pendidikan karakter ( Studi pada SMK Al-Wathan Ambon ). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Yaman, B. dan F. B. G. (2017). Islamic Education System: Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih SemarangNo Title. World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 11(12).
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.77-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License