Pengembangan Power Point Interaktif “ZISHAD” (Zakat, Infak, Sedekah, dan Hadiah) pada Pembelajaran PAI
Abstract
Abstrak
Saat ini, perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Dengan adanya perkembangan teknologi, tentu berpengaruh terhadap beberapa aspek, salah satunya pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran menjadi sebuah cara agar proses pembelajaran bisa menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Power Point Interaktif pada materi zakat, infak, sedekah dan hadiah untuk pembelajaran PAI kelas lima Sekolah Dasar dengan menggunakan metode Desain and Development (D&D). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Power Point interaktif yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan. Media ini terbukti efektif meningkatkan minat dan pemahaman manut peserta didik mengenai konsep zakat, infak, sedekah dan hadiah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2023). DISEMINASI MEDIA PEMBELAJARAN PAI SD BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI PRODUK HASIL PENELITIAN DI BIDANG PENDIDIKAN. PROSIDING SNPPM-5 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Metro, 388–403. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749
Aeni, A N, Marhamah, A. A., Yasmin, E. A., & ... (2023). Pemanfaatan Linktree Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Zakat Bagi Siswa Kelas 6 SD. Journal on …, 05(04), 15249–15260.
Aeni, Ani Nur, Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203
Aeni, Ani Nur, Handari, M. D., Wijayanti, S., & Sutiana, W. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 721. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077
Aeni, Ani Nur, Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.
Khuzaimah, K. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Analisis berbagai Kritik terhadap PAI). Jurnal Kependidikan, 5(1), 105–118. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1256
Muthi’ah Zaujaha, U., Patimah, S., Zahra Aulia, D., Aeni, A. N., Studi, P., Guru, P., … Sumedang, K. (2024). Pengembangan Power Point Interaktif “SAHIBINAH” (Kisah Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah) pada Pembelajaran PAI Kelas IV SD. Journal on Education, 06(03), 17532–17544.
Wulandari, E. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1 No.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.110-121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License