Pengembangan E-Book Berbasis Heyzine Flipbook "HAFQU" Hapalan Surat Pendek pada Pembelajaran PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas E-Book berbasis Heyzine Flipbook “HAFQU” dalam pembelajaran hapalan surat pendek pada siswa kelas 2 SD. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an akibat metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif dan monoton. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development (D&D), dengan beberapa tahapan, yaitu identifikasi masalah, desain dan pengembangan produk, perancangan model pembelajaran, uji coba produk, serta evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas 2 SD yang mengikuti uji coba E-Book ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book “HAFQU” mendapatkan respons positif dari siswa dan guru. Fitur interaktif seperti audio murattal, animasi, serta kuis membantu meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam menghafal surat pendek. Guru menilai bahwa E-Book ini sesuai dengan kebutuhan pembelajaran PAI, mudah digunakan, serta efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Kesimpulannya, E-Book berbasis Heyzine Flipbook “HAFQU” merupakan inovasi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran PAI di sekolah dasar. Media ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang lebih menarik, fleksibel, dan interaktif bagi siswa dalam menghafal Al-Qur’an serta meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2023). DISEMINASI MEDIA PEMBELAJARAN PAI SD BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI PRODUK HASIL PENELITIAN DI BIDANG PENDIDIKAN. PROSIDING SNPPM-5 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Metro, 388–403. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm
Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214–1222. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113
Aeni, A. N., Nursyafitri, A. A., Fachrina, A. Z., & Putri, T. A. (2022). PENGEMBANGAN WEBSITE CARRD SEBAGAI SARANA DAKWAH UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH BAGI SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal At-Tsiqah (Dakwah dan Ekonomi, 7(1), 1–17.
Aeni, A. N., Patmawati, P., Rizqiana, R. N., Ratih Aulia, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Penggunaan E-Book MARKIZA (Mari Kita Zakat) sebagai Media Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(1), 4340–4350.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 88–100.
Kartikasari, R. D., Sumardi, A., Cahya Kartika, P., & Tanti, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Khakim, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Kalimat Thayyibah di Kelas III MI Salafiyah Syafi’iyah Proto 01 Kabupaten Pekalongan. Elementary Education Journal ISSN, 4(1), 45–61. https://doi.org/10.58176/edu
Lavenia, G., Fasawiguna, F., Wulandari, P., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan E-Book KATABAH (Kalimah Tayyibah) Berbasis Heyzine Flipbook Pada Pembelajaran PAI di Kelas III SD. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(2), 240–247. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/index
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Pribowo, M. A., Hadiati, E., & Sufian, M. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Agama Islam Interaktif Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(4), 1163–1177. https://doi.org/10.19109/tadrib.v60i4
Sari, W. N., Wulandari, Intani, A. N., & Aeni, A. N. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA SEBAGAI PEMBELAJARAN PAI SD KELAS 3MEDIA. Elementary School 11 (2024) 397 – 409, 11(2), 379–409.
Ummaya, H. R., Kaylila, N. R., Meilinda, G., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Aplikasi Genius Hijaiyah Untuk Pembelajaran PAI Pada Materi Huruf Hijaiyah Di SD Kelas II. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(5), 219–224. https://doi.org/10.52436/1.jpti.170
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.93-109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License