Implementasi Qira’ah Muwahhadah KH. M. Yusuf Masyhar sebagai Standar Mutu Program Baca Tahfidz Al-Qur’an
Abstract
Pendidikan Al-Qur'an (baik binnadhar maupun tahfidz) adalah merupakan salah satu program pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga non formal seperti TPQ, Madin, Pesantren dan lembaga majlis ta'limul Qur'an. KH. M. Yusuf Masyhar sejak mendirikan PP. Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang hingga sekarang mempunyai visi misi mewujudkan pribadi muslim yang haamilil Qur’an lafdzan wa ma’nan wa ‘amalan. Guna mewujudkan visi misi tersebut, beliau (dan dilanjutkan hingga sekarang oleh unit tahfidz) membuat sistem pendidikan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an Qira’ah Muwahhadah yang terdiri dari standar mutu, kurikulum capaian pembelajaran, metode pengajaran dan sistem penilaian yang unggul, sistematis, praktis dan efektif. Dari hal-hal diatas, peneliti menemukan hasil penelitian bahwa ada upauya implementasi konsep, sistem dan standar mutu Qira'ah Muwahhadah pada program BTQ pendidikan formal di SD Hafidz Al-Qur'an Porong Sidoarjo dengan sistem pembelajaran tahsin dan tahfidz sebagai berikut: 1. Membuat kurikulum tahsin dan tahfidz pada masing-masing rombel kelas. mulai kelas 1 kemampuan baca 0%-25% Modul 1 BTQ Al-Murattalu Qira’ah Muwahhadah. kelas 2 kemampuan baca 25% 50% Modul 2 BTQ Al-Murattalu Qira’ah Muwahhadah. Kelas 3 kemampuan baca 50%-75% Modul 3 BTQ Al-Murattalu Qira’ah Muwahhadah. Kelas 4 kemampuan baca 75%-100%, Modul 4 BTQ Al-Murattalu Qira’ah Muwahhadah. Kelas 5. Khatam Al-Qur’an Binnadhar standar bacaan Qira’ah Muwahhadah. kelas 6 Prestasi Tahfidz 10 Juz bagi siswa Boarding (Pesantren) dan 5 Juz bagi Nonboarding (non Pesantren) 2. Standarisasi kompetensi guru dan metode pengajaran Qira’ah Muwahhadah. 3. Ujian tahfidz dengan memakai sistem Assement MTQ cab. Tartil dan MHQ. 4. Apresiasi Prestasi yakni Wisuda Hafidz.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, KH. M. (2022, Juli 2). Wawancara KH. Muslihan Ahmad [Komunikasi pribadi].
al-Qaththan, M. (2007). Mabahith Fi ’ilmi Al-Qira’at. Maktabah al-Wahbah.
al-Zarqani, M. ‘Abd al-Adzim. (2001). Manahil al-‘Irfan (Vol. 01). Dar al-Hadith.
Al-Khushori, M. K. (t.t.). Ahkaamu Qira’atu aL-Qur’an al-Kariim,. Dar al-Basyair al-Islamiyyah-Maktabah al-Makkiyah.
Al-Zarkasyi, B. al-D. M. and ibn ’Abd A. (t.t.). Al-Burhân Fî ’Ulûm Al-Qur`ân (3 ed.). Dar at-Turats.
Badwilan, A. S. (2008). Seni Menghafal al-Qur’an. Wacana Ilmiah Press.
Bizawie, Z. M. (2002). Sanad Qur’an da Tafsir di Nusantara. Pustaka Compass.
Dimyati, KH. A. F. (Direktur). (2021, Agustus). Materi Kajian Tafsir Al-Qur’an Aktual [Video recording]. Madrasatul Quran. https://www.youtube.com/watch?v=svZMSudOjuo
Dimyati, KH. A. F. (2021, Agustus). Wawancara dengan KH. A. Fathoni Dimyati [Komunikasi pribadi].
Faizah, N. (2023, Februari 16). Wawancara dengan guru Mapel BTQ [Komunikasi pribadi].
Himam, M. A. (2023, Januari 11). Wawancara dengan Kepala Sekolah SD Hafidz Al-Qur’an [Komunikasi pribadi].
ibn Manzūr, M. ibn M. ibn A. ibn A. (2003). Lisan al-‘Arab: Vol. Jilid 3. Dar al-Hadith.
Idris, Z., & Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan. Grasindo.
Junaidi, A. (2023, Juni 6). Wawancara dengan Wali Siswa [Komunikasi pribadi].
Kementrian Agama RI. (2018). Buku Pedoman Musabaqah al-Quran dan al-Hadits. LPTQ Nasional.
Kurniawan, A., Budi, M. S., Ridho, S. A., & Misbah, F. A. (2021). KH. Muhammad Yusuf Masyhar: Cahaya Al-Quran dari Jombang. Dawuh Guru-CV Belibis Pustaka Group.
Litbang MQ. (2012). Buku Panduan Santri. Madrasatul Qur’an Tebuireng.
Mahmud, M. (2012). Manajemen Mutu. Rajawali Pers.
Muslim, A. (2023, Desember). Wawancara dengan Sekretaris Unit Tahfidz PP. MQ Tebuireng) pada sabtu, 23-12-2023 [Komunikasi pribadi].
Nasrulloh. (2012). Lentera Qur’ani. UIN Maliki Press.
Peraturan Pemerintah. RI. No. 55 Tahun 2007, Bab II pasal 2, ayat 1 tentang Pendidikan Agama. (t.t.). Database Peraturan | JDIH BPK. Diambil 24 Maret 2025, dari http://peraturan.bpk.go.id/Details/4777
Republik Indonesia,. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. 1. BP Panca Usaha.
Rizka. (2023, Februari 18). Wawancara dengan Waka kurikulum SD Hafidz Al-Qur’an [Komunikasi pribadi].
Sahni, M. (2023, Desember). Wawancara dengan Kordinator Binnadhar Unit Tahfidz PP. MQ Tebuireng [Komunikasi pribadi].
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.
Sayb, K. al-Din. (2008). Al-Qira’at Al-Quraniyya wa Atsaruha Fi Ikhtilafi Al-Ahkam Al-Fiqhiyyah. Dar Ibn Hazm.
Syafi’i, KH. A. M. (2021, Agustus). Wawancara dengan Dr. KH. A. Musta’in Syafi’i, M.Ag [Komunikasi pribadi].
Syafi’i, KH. A. M. (2021, Agustus 22). Materi Kajian Tafsir Al-Qur’an Aktual. Harian Bangsa, 11.
Syaibani, KH. M. (2021, Agustus). Wawancara dengan Ketua Umum Ikatan Alumni Madrasatul Qur’an [Komunikasi pribadi].
Tim Penyusun. (2022). Profil Singkat SD Hafidz AL-Quran Boarding School. SD Hafidz Al-Quran.
Umar, M., & Ismail, F. (2018). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran). Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.581
Usman, Moh. U., & Setiawati, L. (2015). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.8.1.47-68
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License