Evaluasi Ranah Psikomotorik Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa
Abstract
Problematika evaluasi pembelajaran PAI ranah psikomotor di SLB B YRTRW Surakarta yang paling utama yaitu sulitnya guru dalam mengambil hasil evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilatarbelakangi dengan keterbatasan siswa dalam mendengar dan berbicara, selain itu banyak siswa kurang tertarik dengan mata pelajaran PAI yang mengakibatkan kurangnya antusias siswa dalam proses evaluasi psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi evaluasi psikomotorik yang dilakukan pada siswa tuna rungu wicara di SLB B YRTRW Surakarta serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses evaluasi psikomotorik pendidikan agama Islam di SLB B YRTRW Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melihat kenyataan yang terjadi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yakni reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan atau verivikasi. Merdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi evaluasi psikomotorik pendidikan agama Islam siswa SLB B YRTRW Surakarta yakni pada proses perencanaan telah dipersiapkan dengan model kombinasi yang di sesuaikan dari pusat dan di kombinasikan dengan kemampuan anak tuna rungu wicara. Selajutnya proses pelaksanaan berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan dengan poin-poin indikator yang sekiranya di anggap mampu oleh guru PAI. Pada proses pengolahan data yang mana nilai yang telah diberikan didasarkan pada berbagai kegiatan evaluasi baik harian maupun setiap semester lalu diolah menjadi skor yang standar dan melakukan analisis skor. Hingga pada proses pelporan hasil yang berupa rapot yang akan diberikan pada selruh pihak yang terlibat pada proses evaluasi yang nantinya akan digunakan sebagai bahan perbaikan proses evaluasi selanjutnya. Semangat siswa yang besar serta guru yang terus mendukung anak agar terus belajar hingga nantinya anak memiliki hasil yang maksimal merupakan faktor yang sangat mendukung proses evaluasi psikomotorik. Keterbatasan informasi yang di dapat siswa anak tuna rungu dukungan yang kurang dari orang tua menjadikan faktor penghambat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Nahjiah. (2020).Buku Evaluasi Pembelajaran. Yogtakarta: Interpena.
Ahyani, Novi Subah. (2014). EvaluasiPembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak BerkebutuhanKhusus Di SekolahLuarBiasaAbcdKuncup Mas BanyumasTahun Pelajaran 2013/2014. (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto). Diaksesdarihttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/1258/2/Cover%2C Bab I%2C Bab V%2C Daftar Pustaka.pdf
Arifin, Zainal. (2011). EvaluasiPembelajaranPrinsip Teknik Prosedur. Bandung: RemajaRosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: PT BumiAksara.
Atmaja, JatiRinakri. (2017). Pendidikan Anak BerkebutuhanKhusus. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Darmadi, Hamid. (2014). MetodePenelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Dewi, Citra. (2019). Penyebab Anak Tuna Rungu Dan Cara Mengatasinya: CurhatBidan. https://www.curhatbidan.com/anak/penyebab-anak-tuna-rungu-dan-cara-mengatasinya/
Dewi, Heryani. (2020). ImplementasiPembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak BerkebutuhanKhusus Tuna Rungu Di SekolahLuarBiasa Dharma Wanita Provinsi Bengkulu. (Institut Agama Islam Negeri Bengkulu). Diaksesdarihttp://repository.iainbengkulu.ac.id/6092/1/SKRIPSI HERYANI DEWI NIM. 1611210153.pdf
Dirman, and Juarsih. 2014. Penilain Dan Evaluasi. Jakarta: RinekaCipta.
Dradjat, Zakiyah, dan dkk. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT BumiAksara.
Febrianti, Rizki Dinar. (2021). EvaluasiAspekPsikomotorikSiswaKelas X Pada MetodeBandonganDalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis’ (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Diaksesdarihttp://etheses.iainponorogo.ac.id/15238/
Haenudin. (2013). Pendidikan Anak BerkebutuhanKhususTunarungu. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Harahap, Nurul Fitriyah. (2016). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada SiswaTunanetra Di SekolahLuarBiasa (SLB) Negeri Padangsidimpuan. (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan). Diaksesdarihttp://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/988/
Hasan, M. Iqbal. (2002). PokokPokokMetodologiPenelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mahmud. (2011). MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Martiasari, Nenda. (2015). Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunarungu Di SLB-B NgudiHayuSrengatBlitar. (Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Diaksesdarihttp://repo.uinsatu.ac.id/2110/
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam(UpayaMengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah). Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Rusydiyah, Evi. (2018). LayananPembelajaranUntuk Anak Inklusi (MemahamiKarakteristik Dan MendesainPelayananPembelajaranDenganBaik). Siodarjo: Dwiputra Pustaka Jaya.
Rahmah, Ajrine. (2019). Pendidikan Agama Islam Pada Anak Tunarungu Di SLB Bina Insani Depok’ (Universitas Islam Negeri SyarifHidayatullah. (Universitas Islam Negeri SyarifHidayatullah Jakarta). Diaksesdarihttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36228/2/AJRINE RAHMAH-FEB.pdf
Rahmat. (2019). EvaluasiPembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka.
Romadhona, Reni. (2018).PelaksanaanEvaluasiPembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak BerkebutuhanKhusus di SLB Insan Prima Bestari (IPB) Sukarame Bandar Lampung. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Diaksesdarihttp://repository.radenintan.ac.id/4179/1/SKRIPSI RENI ROMADHONA.pdf
S., Indrawan W. (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jombang: Lintas Media.
Sahid, Rahmad (2011). Analisis Data PenelitianKualitatif Model Miles Dan Huberman. (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diaksesdarihttps://docplayer.info/71296003-Analisis-data-penelitian-kualitatif-model-miles-dan-huberman-rahmat-sahid-pasca-ums-2011.html
Smart, Aqila. (2010). Anak CacatBukanKiamat: MetodePembelajaran Dan TerapiUntuk Anak BerkebutuhanKhusus. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sudijono, Anas. (2005). PengantarEvaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Jarot, Adi. (2016). KupasTuntasEvaluasiPembelajaran. Surabaya: Kata Pena.
Wulan, Elis Ratna, dan Rusdiana. (2014). EvaluasiPembelajaranDenganPendekatanKurikulum. Bandung: Pustaka Setia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v6i2.35055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.