Respon Guru PAI Terhadap Gagasan Moderasi Beragama di Sekolah

Fatkhiyatul Amanah, Sarjuni Sarjuni

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah. Gagasan moderasi beragama memiliki 4 (empat) indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme, dan akomodatif kebudayaan lokal. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana pemahaman guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah dan bagaimana respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama dan untuk mengetahui respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data di lapangan. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI memahami dan menerima konsep moderasi beragama sebagai gagasan yang diterapkan di sekolah, yang memiliki toleransi agar tidak saling menjatuhkan antara agama yang nantinya memicu perpecahan.

Keywords


Respon Guru PAI, Gagasan Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, D. A. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alam, M. (2017). Studi Implementasi Pendidikan Islam Moderat dalam Mencegah Ancaman Radikalisme di Kota Sungai Jambi. Jurnal Islamika, 22.

Fuad, A. (2018). Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangkal Paham Radikal di Sekolah.

Hardiansyah, R. (2017). RELEVANSI KONSEP ULUL ALBAB DALAM Q.S ALI IMRON 190-195 DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM - Raden Intan Repository. http://repository.radenintan.ac.id/2284/

Moleong, L. J. (n.d.). Op. Cit.

Nata, A. (2012). Pemikiran Pendidikan dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers.

RI, B. L. (2019). Buku Saku "Tanya Jawab Moderasi Beragama". Jakarta.

RI, K. A. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

Romlah, S. (2021). Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif). In PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam (Vol. 16, Issue 1). Sinar Baru.

DR. Adian Husaini, e. a. (2013). Filsafat Ilmu (Perspektif Barat dan Islam). Jakarta: Gema Insani.

Siyoto, S., & Shodik, a. (2015). Dasar Metode Penelitian (Ayup (ed.). Literasi Media.

DR. Sudaryono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304

Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327. https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-08




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.6.1.60-67

Refbacks




Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.