Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam menyiapkan Generasi Tangguh di Era 5.0
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admin. (2021). Tantangan Generasi Muda Muslim Di Era Modern (Kajian Ahad Dhuha Rutin Pendidikan Ekonomi). Peko.Unpam.Ac.Id. http://peko.unpam.ac.id/2021/03/05/tantangan-generasi-muda-muslim-di-era-modern-kajian-ahad-dhuha-rutin-pendidikan-ekonomi/
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Amboro, W. (n.d.). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Retrieved September 14, 2022, from https://riyadhussholihiin.or.id/pendidikan-islam-di-era-industri-4-0-dan-society-5-0/
Center, M. (n.d.). Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi - IAINU Tuban. Retrieved September 14, 2022, from https://iainutuban.ac.id/2021/11/10/tantangan-pendidikan-agama-islam-di-era-globalisasi/
Fuady, R. H. R. (2021). Pendidikan Islam , Tasawuf , dan Tantangan Era Society 5.0. BESTARI Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(2), 125–142. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/943
Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 115–129. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3140
Handayani Lisna, N. N., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangkararaya, 0, 1–14. https://prosiding.iahntp.ac.id
Harun, S. (2021). Pembelajaran di Era 5.0. Pembelajaran Di Era 5.0 PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, November, 265–276.
Hermawanti, Y. (2020). Konsep Pendidikan Islam menurut K.H. Ahmad Dahlan. 2(September), 20–30.
Hidayat, N. (2015). Peran dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Global. EL-TARBAWI, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/TARBAWI.VOL8.ISS2.ART2
Humas Widya Mataram. (2020). Perguruan Tinggi Harus Ambil Peran Untuk Menghadapi Era Society 5.0. News Artikel. http://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50-perguruan-tinggi-harus-ambil-peran#.Yy-6HbTP1PY
Izzah Ismatul. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal Pedagogik, 05(01), 50–66. https://doi.org/10.47731/subulana.v1i2.15
Kemenko Perekonomian RI. (2021). Memasuki era society 5.0.
Kinanti, M. R. S., Kencana, & Langgeng, A. (2021). Penguatan pendidikan karakter dalam menghadapi standarisasi pendidikan menuju era human society 5.0. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 3(1), 447–452. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2274
Laila/Hendriyanto, K. (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0 (Issue 03 Februari). http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society-50
Lisnawati, L. (Lisnawati). (2017). Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun dan Hubungannya dalam Konteks Pendidikan Modern. Jurnal Muta’aliyah, 1(1), 54–73. https://www.neliti.com/id/publications/181415/
Moedjiono, I. (2003). Konsep Pendidikan Islam: telaah pemikiran pendidikan Mohammad Natsir. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah, 8(6), 46–61.
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Novrizaldi. (2021). Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. In Kemenkopmk (pp. 4–9). https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-berperan-penting-dalam-menyongsong-smart-society-50
Pendidikan Karakter, Teknologi Informasi, era society 5.0 56. (2022). 13(1), 56–67.
Permatasari, A. (2021). Generasi Milenial Di Era Society 5. Ganto.co. https://www.ganto.co/berita/4251/tantangan-milenial-di-era-society-5-0.html.
Pewangi, M. (2016). Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26618/JTW.V1I1.347
Pihar, A. (2022). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Society 5 . 0 Modernization of Islamic Religious Education in the Era of Society. 1(1), 1–12.
Putra, A. A. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617
Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0 (Vol. 19, Issue 02).
Rahmawati, M., Ruslan, A., & Bandarsyah, D. (2021). The Era of Society 5.0 as the unification of humans and technology: A literature review on materialism and existentialism. Jurnal Sosiologi Dialektika, 16(2), 151. https://doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.151-162
Rais, S., Hidayatulloh, S., & Haeru, T. (2021). Paradigma Baru Pendidikan Islam. … : Jurnal Pendidikan Guru …, 4(1), 55–65. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/677%0Ahttp://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/download/677/485
Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., Haidar, I., & Surel, A. (2019). Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Generasi Milenial Yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 Dan Revolusi Industri 4.0) Di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia, Universitas Negeri Semarang, 1118–1125.
Rohimah, R. B. (2019). Strategi Pendidikan Islam Menyongsong Generasi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5758%0Ahttp://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/viewFile/5758/4134
Rozi, A. F., Dewi, R. A., Fatah, I. K., Mahmud, M., & Madekhan, M. (2022). Urgensi Pendidikan Islam non Dikotomi di Era Society. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 92–102.
Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5 . 0 untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 342–347. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/302
Samrin, S. (2017). Pendidikan Islam di Era Globalisasi (Peluang & Tantangan). Shautut Tarbiyah, 23(1), 127–141. https://doi.org/10.31332/STR.V23I1.583
Sayuti, W. (2022). Ilmu Pendidikan Islam_ Memahami Konsep Dasar dan Lingkup Kajian.
Siti Salwa Md Sawari, Ahmad Muflihin, Warsiyah Warsiyah, Muna Yastuti Madrah. (2022). Urban Society's Perception of Islamic Religious Education and Its Implications for Curriculum Development in the Era of Society 5.0. Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 27(2), 255-266.
Subaidi, S. (2017). Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis. In Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 10, Issue 1, pp. 26–49). https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.900
Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi, 22(2), 175–191. http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191
Suhadak. (2021). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam. Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace Volume 1, 2021 ISSN, 1(2), 507–512.
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771
Susanti, B. (2022). Konsep Pendidikan Islam dalam Mengambangkan Sumber Daya Manusia. Ejournal.Iainbengkulu, 106–119.
Syamsul Bahri. (2022). Konsep Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Edupedia, 6(2), 133–145.
Tunru, M. I. (2018). Tantangan Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(2). https://doi.org/10.30984/JII.V7I2.611
Usmaedi. (2021). Educatiom Curiculum for Society 5,0 to The next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.
Wandansari, S. A., & Hernawati. (2021). Studi Curiosity, Epistemic Curiosity, Dan Keberhasilan Belajar Dalam Konteks Akademik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 140–148. https://doi.org/10.21009/pip.352.6
Widiasih, R., Susanti, R. D., Sari, C. W. M., & Hendrawati, S. (2020). Menyusun Protokol Penelitian dengan Pendekatan SETPRO: Scoping Review. Journal of Nursing Care, 3(3), 171–180. http://journal.unpad.ac.id/jnc/article/view/28831
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.6.1.1-17
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.