Implementasi pembelajaran kitab bidayatul hidayah dalam meningkatkan perilaku disiplin santri pondok pesantren Al-hikmah

Ahkim Khoiron, Choeroni Choeroni, Warsiyah Warsiyah

Abstract


Pokok bahasan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam Membentuk Perilaku Disiplin Santri yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kabupaten Pati, dengan fokus penelitian mencakup 1) Perencanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam Membentuk Perilaku Disiplin Santri, 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam Membentuk Perilaku Disiplin Santri, dan 3) Evaluasi pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah dalam Membentuk Perilaku Disiplin Santri. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah diserahkan sepenuhnya kepada pengajar (ustadz) dengan memperhatikan beberapa aspek seperti tujuan, metode, media dan strategi penyampaian pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab ini dilakukan satu kali dalam sepekan yaitu pada hari Selasa Pukul 19.30-20.30 WIB dan bertempat di Pondok Pesantren. 3) Evaluasi pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kabupaten Pati menggunakan evaluasi teknik tes dan teknik non tes.

Keywords


Pembalajaran kitab bidayatul hidayah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v6i2.31079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.