Penerapan Pendidikan Karakter Religius pada Kurikulum Merdeka Melalui Metode Keteladanan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan karakter disekolah sebagai alternative dikemukakan dalam jurnal ini adalah melalui Pembidangan dengan formula 4 M (mengetahui, mencintai, menginginkan dan mengerjakan, juga dengan metode pembiasaan. Selain itu melalui metode: mengajarkan, keteladanan). Metode penelitian pagi Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi karena menjadikan peneliti dan obyek yang diteliti saling berinteraksi sehingga memungkinkan hasil penelitian lebih deskripsi dan interpretasi, bersifat tentatif dalam konteks waktu/situasi tertentu. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa praktik belajar dengan rutinitas kegiatan yang dilakukkan sebagai bentuk upaya penanman karakter religius yang dilakukkan disekolah seperti saling menyapa antar sesama guru dan murid, berjabat tangan ,tadarus pagi, pembacaan asma’ul khusna dan jama’ah sholat dhuha setiap hari jum’ah dan sabtu pagi.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v6i2.31023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religius Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License