Pengembangan Video Animasi Motion Graphic Untuk Mengatasi Pudarnya Kebudayaan Islam di Kalangan Mahasiswa

Dinda Resa Ayu Aisyah, Dea Ifadah, Desi Fitriani, Ani Nur Aeni

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengembangkan video animasi MG ( Motion Grapic ) sebagai bentuk upaya dari memudarnya kebudayaan islam di kalangan mahasiswa. Media digital yang semakin pesat ini memunculkan berbagai pengembagan, salah satunya dengan bentuk pengembangan video animasi, agar dapat mengoptimalkan pemahaman pada mahasiswa tentang bagaimana dan apa saja bentuk kebudayaan islam. Pada metode penelitian ini kami menggunakan D&D ( Design and Development ) dengan menggunakan prosedur ADDIE ( Analyze , Design , Development , Implementation and Evaluation )). Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner. Subjek pada penelitian ini adalah kalangan mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan ini dapat dikategorikan valid dan video animasi MG layak digunakan.

 

Kata Kunci : Kebudayaan islam, pengembangan, video animasi


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 24-41.

Amin, K. (2019). Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam. Direktorat KSKK Madrasah dan Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 1-120.

Bakri, S. (2014). Kebudayaan Islam Bercorak Jawa (Adaptasi Islam dalam Kebudayaan Jawa). Dinika: Journal of Islamic Studies, 12(02).

Dina Safira, H. H. (2021, 08 23). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Terhadap Materi Sejarah Kebudayaan IslamAbu Bakar As-ShiddiqSang Pembenar Kelas V MI/SD. EduBase : Journal of Basic Education, 2, 69-77.

Hajar, Ibnu, 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Kistoro, H. C. A. (2021). Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 3(1), 42-49.

Kusdiana, A., & Saebani, B. A. (2013). Sejarah dan Kebudayaan Islam Periode Pertengahan.

Lestari, E. L. (2021). Perancangan Motion Graphic sebagai Kampanye “Budaya Saya†untuk Kesenian Daerah Jawa Barat.

Nurul wahyuni, A. S. (2020). Pengembangan Modul Interaktif Dengan Menggunakan LectoraInspire 18 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamdi MAN 2 Tanah Datar. At-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 1, 25-34.

Pawitasari, E., Mujahidin, E., & Fattah, N. (2015). Pendidikan karakter bangsa dalam perspektif Islam (studi kritis terhadap konsep pendidikan karakter kementerian pendidikan & kebudayaan). Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-20.

Putri, R. A. C., Karochmah, D. N., Nurrohmah, S., & Aeni, A. N. (2022). Video “The Muharram Celebration†sebagai Media Pengenalan Kebudayaan Islam pada Siswa SD. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(4), 1256-1265.

Rifriyanti, E. (2019). Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 1-10.

Risandhy, R., Syarief, A., & Jasjfi, E. F. (2019). Pengembangan Video Motion Graphics seni Tari Jaipong Kreasi. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(2), 291-306.

Rohmah, S. (2022). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2).

Safira, D., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Terhadap Materi Sejarah Kebudayaan Islam Abu Bakar As-Shiddiq Sang Pembenar Kelas V MI/SD. EduBase: Journal of Basic Education, 2(2), 69-77.

Setyawan, D., & Arumsari, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). EDUCULTURAL: International Journal of Education, Culture and Humanities, 1(2), 1-10.

Suhadi, E., Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Tafsir, A. (2014). Pengembangan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 42-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v5i1.21132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.