Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Persektif Al-Quran Melalui Penguatan Literasi Media
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. JPII, 2(1), 65–77.
Amrullah, A. A. (1999). Tafsir Al-Azhar Jilid 1. In Pustaka Nasional PTE LTD Singapura. Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.
Arif, K. M. (n.d.). Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha. 22–43.
Az-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Munir Jilid 1 (1st ed.). Gema Insani.
Budiman, A. (2020). Sekularisasi dalam Pertarungan Simbolik: Studi Konflik Keagamaan Jemaat Ahmadiyah di Manislor Kuningan. Jurnal Tashwirul Afkar, 38(1), 33–57.
Fitriani, F., Muslim, H. H., Firmansyah, I., & Khaerani, I. F. S. R. (2021). Moderasi Beragama dalam Tafsir An-Nur Karya T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy: Studi Tafsir Q.S Al-Baqarah : 143. Gunung Djati Conference Series, Volume 4 (2021) Proceedings The 1st Conference on Ushuluddin Studies, 4, 346–358. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs%0AReligious
Kementrian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama (1st ed.). Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.
Madonna, M., Aryadillah, A., & Reza, F. (2019). Urgensi Penguatan Literasi Media Bagi Remaja Menyikapi Hoaks di Media Sosial serta Pemanfaatan Media Digital di Karang Taruna di Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi, Jawa Barat. 35–42.
Mussafa, R. A. (2018). Konsep Nilai-nilai Moderasi dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam (Analisis Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 143) [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. In Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9820
Nugraha, D., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). Nilai-nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Al-Falah Kabupaten Cianjur. Jurnal Al Amar, 2(1), 43–51.
Nurdiyana, N., Alinurdin, A., Hayati, E., & Rahmadi, I. F. (2020). Penguatan Literasi Informasi dan Media Digital Remaja Generasi Milenial. ABDI LAKSANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 545–552.
Ramadhan, M. R. (2019). Integrasi Nilai Islam Moderat dalam Pendidikan Islam untuk Menguatkan Harmoni Sosial Keagamaan pada Masyarakat Plural. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 701–709. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/283
Samsudin, S. (2021). Konsep Moderasi Islam Perspektif M. Quraish Shihab dan Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html
Setyaningsih, R. (2019). Model Penguatan E-dakwah di Era Disruptif melalui Standar Literasi Media Islam Daring. TSAQAFAH: Jurnal Peradaban Islam, 15(1), 67–82. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i1.2947
Sulaeman, E., Asmuni, A., & Gumandari, S. (2021). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka. My Campaign Journal, 2(4), 34–53.
Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355–368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750
Sya’bani, M. A. Y., Sejati, Y. G., & Fatmawati, A. F. (2020). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Wasaá¹iyyah melalui Budaya Moderasi Beragama sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama di Kebomas Gresik. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 271–276.
Yunus, M. (2003). Tafsir Quran Karim 30 Juz. Klang Book Centre.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v4i2.18988
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License