Studi Komparasi Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Abdurahman An-Nahlawi dan Zakiah Daradjat

Andi Luqmanul Qosim, Nurul Azmi Safitry

Abstract


 

Abstract

As Muslim, parents hold important role in applying Islamic education to educate their children. This is done to strengthen children’s beliefs in Islam religion. However, in family education, many parents do not know the foundation, methods, and materials of Islamic education. The lack of understanding resulted in parents tend to use physical and psychological violence in educating their children. This situation raised concerns to Abdurrahman An-Nahlawi and Zakiah Daradjat. Both feels moved to conceptualize Islamic education in the family so that children from Muslim families can become ‘the complete person’ (insân kâmil). The comparative test of the two concepts shows that the differences in the basis, method, and material of the two can actually be an alternative for parents in applying education to their children. The outcome upon their children depend on the creativity of the parents in processing sources, methods, and materials in the concept of Islamic education from An-Nahlawi and Zakiah.

Keywords: Islamic Education, Family, Parents, Child

 

Abstrak

Sudah sewajarnya sebagai umat Islam, para orang tua menerapkan pendidikan Islam dalam mendidik anak-anaknya. Hal ini dilakukan seiring untuk menguatkan keyakinan dalam beragama. Namun dalam pendidikan keluarga, banyak orang tua yang belum mengetahui landasan, metode maupun materi pendidikan Islam. Ketidaktahuan ini berdampak pada pola mendidik orang tua kepada anak dengan menggunakan kekerasan fisik maupun psikis. Keadaan ini mengundang keprihatinan bagi Abdurrahman An-Nahlawi dan Zakiah Daradjat. Keduanya merasa tergugah untuk mengkonsepkan pendidikan Islam dalam keluarga agar anak-anak dari keluarga muslim dapat menjadi insân kâmil di masa mendatang. Uji komparasi dari konsep keduanya menunjukkan bahwa perbedaan landasan, metode dan materi dari keduanya justru dapat menjadi alternatif bagi para orang tua dalam mengaplikasikan pendidikan terhadap anak-anaknya. Hasil terhadap anaknya tergantung pada kreatifitas para orang tua dalam mengolah sumber, metode dan materi dalam konsep pendidikan Islam dari An-Nahlawi dan Zakiah.

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Keluarga, Orang Tua, Anak


Full Text:

PDF

References


An-Nahlawi, Abdurrahman. 1979. Ushûl al-Tarbiyah Al-Islâmiyyah wa Asâlibihâ fi al-Baiti wa al-Madrasati wa al-Mujtama’. Damaskus: Dar Al-Fikr.

_____________. 1996. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan di Masyarakat. Alih bahasa oleh Herry Noer Aly. Cet. III. Jakarta: CV. Diponegoro.

Burhanudin ed, Jajat. 2002. Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Daradjat, Zakiah. 1988. Kesehatan Mental. Cet. XIII. Jakarta: CV. Haji Masagung.

_____________. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah. Cet. II. Jakarta: CV. Ruhama.

_____________. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Cet. XV. Jakarta: Bulan Bintang.

Daradjat dkk, Zakiah. 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. XI. Jakarta: Bumi Aksara

Djaelani, Abdul Qadir. 1995. Keluarga Sakinah. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Enny Noviyanty, “Metode Pendidikan Islam (Analisis Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan Abdurrahman An Nahlawi),†Tesis pada Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Pekanbaru , 2010

Gazalba, Sidi.1978. Asas Budaya Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hidayat, Komarudin. 1999. Perkembangan Psikologi Agama dan Pendidikan Islam di Indonesia; 70 Tahun Prof. Zakiah Daradjat. Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Jejen Musfah, Metode Pendidikan dalam Perspektif Islam, TAHDZIB Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, 2009

Khon, Abdul Majid. 2014. Hadits Tarbawi. Cet. II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mursi, Muhammad Said. 2004. Seni Mendidik Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Musmuallim, “Pendidikan Islam di Keluarga dalam Perspektif Demokrasi (Studi Pemikiran Hasan Langgulung dan Abdurrahman An Nahlawi,†Tesis pada Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, 2014

Nata, Abuddin. 2005. Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

____________. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media

Nizar, Samsul. 2001. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Ramayulis dan Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Salim, Moh. Haitami. 2013. Pendidikan Agama dalam Keluarga, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Shihab, M. Quraish. 2009. Membumikan Al-Qur’an. Cet. III. Bandung: PT. Mizan Pustaka

Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Cet. X. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

____________. 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. XI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thobroni, A., 2019, Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Wanita Karir), Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 61-72. doi:http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4016




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v4i1.17447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Fikri is published by the Department of Islamic Religious Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License