Supp. File(s): Hasil cek plagiarisme
Universitas An Nuur - Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan relationship quality pada komunitas bisnis UKM pasca pandemi covid-19. Tantangan pelaku UKM pasca COVID-19 adalah bagaimana cara meningkatkan eksistensi bisnis dengan melihat lingkungan bisnis yang kompetitif dan terus berubah. Sehingga penelitian menekankan pada kualitas hubungan antar UKM melalui keterampilan dalam komunikasi yang dipengaruhi oleh kemampuan inovasi kolaboratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 UKM dibidang fashion muslimah yang tersebar di wilayah Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang dan Kabupaten Grobogan. Metode dalam penelitian ini adalah alat analisis SmartPLS 4.0. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa communication skill secara signifikan berpengaruh terhadap relationship quality, communication skill secara signifikan berpengaruh terhadap inter organizational collaborative innovation, inter organizational collaborative innovation secara signifikan berpengaruh terhadap relationship quality serta Inter organizational collaborative innovation secara signifikan memediasi hubungan antara communication skill terhadap relationship quality
Supplement Files
Keywords: communication skill, inter organizational collaborative innovation, relationship quality, UKM