Universitas Islam Sultan Agung - Indonesia
Upaya Employee Retention Melalui Employer Branding Dan Employee Engagement (Studi Kasus Pada Perbankan BUMN Di Kota Semarang)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh work-life balance dan corporate social responsibility melalui employee engagement terhadap employee retention pada perbankan BUMN di Kota Semarang. Data yang digunakan adalah data primer dari 102 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan kriteria merupakan karyawan tetap generasi z dan milenial, telah bekerja di perbankan tersebut minimal 3 tahun. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online dan offline. Pengujian data menggunakan SmartPLS 4. Hasil temuan menunjukkan bahwa work-life balance, corporate social responsibility dan employee engagement secara signifikan berpengaruh terhadap employee retention. Selain itu, work-life balance dan corporate social responsibility secara signifikan berpengaruh terhadap employee engagement. Meskipun, pengaruh work-life balance terhadap employee engagement relatif kecil. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pengaruh tidak langsung corporate social responsibility terhadap employee retention yang dimediasi oleh employee engagement. Namun, employee engagement tidak dapat memediasi pengaruh work-life balance terhadap employee retention.
Keywords: Work-Life Balance; Corporate Social Responsibility; Employee Engagement; Employee Retention; Human Resource Management