PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM GELAR KARYA DRAMA KEGIATAN PROYEK AKHIR SEKOLAH SISWA SMA
Abstract
Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Karakteristik tersebut antara lain pembelajaran berbasis projek, guru mengajar sesuai dnegan kemampuan, dan pembelajaran terfokus pada materi yang mendasar. Siswa menampilkan bakat dan kreatifitas dalam kesenian drama. Kegiatan proyek akhir sekolah merupakan wadah strategis untuk menumbuhkan dan memperkuat nilai-nilai dalam Profil Pelajar Pancasila melalui pendekatan berbasis proyek (Project-Based Learning). Kemampuan dalam menggunakan teknologi juga ditampilkan pada gelar karya ini dengan melakukan siaran langsung pada kanal youtube sekolah. Sasaran pengabdian masyarakat ini ialah siswa. Hal ini bertujuan agar siswa mampu memiliki karakter kreatif dan berjiwa seni untuk dapat digunakan di masa depan. Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dalam bentuk pendampingan pemberian materi pendampingan mengenai kegiatan penguatan profil pancasil. Pendampingan secara luring dilaksanakan dengan mendampingi kegiatan proses pelaksanaan proyek akhir P5. Melalui proyek gelar karya drama, siswa tidak hanya akan meningkatkan keterampilan seni mereka tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai Pancasila melalui pengalaman praktis dan mendalam. Pendampingan dalam penguatan proyek profil Pancasila (P5) membantu menumbuhkan sikap kreatif. Gelar karya drama mampu menjadi ruang reflektif dan kolaboratif yang efektif dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini juga mendorong siswa untuk mengembangkan soft skills, memperkuat kerja tim, serta memahami isu-isu sosial dan budaya dalam konteks kehidupan berbangsa. Dengan demikian, proyek seni drama dapat menjadi alternatif pembelajaran kontekstual yang bermakna dalam lingkungan pendidikan menengah.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 EduKarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.