Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Menggunakan Media Pembelajaran Digital Berbasis Educational Game
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila menggunakan media belajar digital berbasis educational game. Metode pelaksanaan yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan observasi dan sosialisai. Pelatian mengenai game edukasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan para dosen PGSD (FKIP UNISSULA)sebagai anggota sekaligus narasumber dalam kegiatan ini. Dalam pelaksanaan kegiatan tim pengabdian masyarakat sudah merencanakan secara terstruktur dan ditata secara sistematis. Kegiatan ini dilakukan guna untuk mencapai target-target guru dalam pelaksanaan penguatan profil pelajar pancasila disekolah dasar berbasis educational game. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengahasilkan para guru dan peserta didik mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan wawasan mereka akan terbuka mengenai Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar menggunakan media belajar berbasis Educational Game. Luaran yang dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi (1) Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Menggunakan Media Belajar Digital Berbasis Educational Game (2) Publikasi artikel pengabdian masyarakat dengan judul “Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Menggunakan Media Belajar Digital Berbasis Educational Game” di jurnal nasional terakreditasi Sinta (S3); (3)Media Pembelajaran digital berbasis Educational Game (4) video kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diunggah di kanal Youtube dan mendapat follower lebih dari 100 orang pengikut video Pengabdian Masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Dahlan, Baihaqi Reza, and Cut Ita Erliana. 2015. “Game Edukasi Berbasis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machine.” SISFO Jurnal Ilmiah Sistem Informasi (January 2016):1–11.
Hamida Ombili, Mutiara Damayanti Doloan, Sunarti Rauf, Abdul Rahmat, and Rusmin Husain. 2022. “Project Program Sekolah Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Literasi Kewirausahaan Di Sdn 29 Kota Selatan.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1(3):75–79. doi: 10.56127/jushpen.v1i3.377.
Hardiansyah, Framz, Kurratul Aini, Ali Armadi, Choli Astutik, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Program Studi, and Pendidikan Matematika. 2023. “Pelatihan Game Edukasi Berbasis Sdgs Dalam Upaya Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Mi Ziyadatul Ulum.” 4(1):416–24.
Hidayati, Naning, Dian Hidayati, Zusuf Hani Saputro, and Tutik Lestari. 2022. “Implementasi Pembelajaran Projek Pada Sekolah Penggerak Di Era Digital.” Journal of Education and Teaching (JET) 4(1):68–82. doi: 10.51454/jet.v4i1.200.
Hidayatulloh, Ilham, Kurniati, and Maimunah. 2023. “Karakteristik Pembelajaran Siswa Tingkat Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 3(1):123–27.
Khusna, Syafaatul. 2023. “Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Pembelajaran Abad 21 Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” SeminarNasional PGMI2023 22–34.
Kurniati, Pat, Andjela Lenora Kelmaskouw, Ahmad Deing, and Bambang Agus Haryanto. 2022. “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21.” Jurnal Citizenship Virtues 2022(2):408–23.
Kurniawaty, Imas, Aiman Faiz, and Purwati Purwati. 2022. “Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(4):5170–75. doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3139.
Lestari, Rini Sri. 2021. “Pemanfaatan Android Melalui Media Articulate.” Prosiding Smeinar Nasional (SENSASEDA 2021), 1:149–55.
Mawarni, Fani, Anita Trisana, And Ratna Widyaningrum. 2023. “Analisispemahaman Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sd Negeri 1 Ampel.” Journal of Educational Learning and Innovation 3(2):380–402. doi: 10.46229/elia.v3i2.
Mery, Siti, and Agung Hartoyo. 2022. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” 6(5):7840–49.
Nasihi, Achmad, Tri Asihati, and Ratna Hapsari. 2022. “Indonesian Journal of Teaching and Learning.” 1(1):77–88.
Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, and RR.Ghina Ayu Putri. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan.” Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1:181–92.
Ulandari, Sukma, and Desinta Dwi. 2023. “Jurnal Moral Kemasyarakatan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai.” 8(2):116–32.
Wahidah, Nurul, M. Zubair, Ahmad Fauzan, and Bagdawansyah Alqodri. 2023. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 1 Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1b):696–703. doi: 10.29303/jipp.v8i1b.1287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 EduKarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.