Implementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan Metode UMMI dan Media Audio Visual Youtube bagi Anak-Anak Usia Dini di Kelompok Dawis Kacang Tanah III, Kelurahan Bangetayu Kulon, Kota Semarang
Meilan Arsanti, Oktarina Puspita Wardani, Aida Azizah, Evi Chamalah, Leli Nisfi Setiana, Turahmat Turahmat
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam agar selamat di dunia dan di akhirat maka umat Islam dianjurkan dapat membaca dan memahami maknanya. Oleh karena itu, agar dapat membacanya maka umat Islam diwajibkan memiliki keterampilan membaca Al-Qur’an dan memahami maknanya dengan baik. Pembelajaran membaca Al-Qur’an harus dimulai sejak dini dengan metode yang mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Akan tetapi, anak-anak usia dini di Kelompok Dawis Kacang Tanah III, Kelurahan Bangetayu Kulon, Kota Semarang mengalami kesulitan dalam belajar membaca Al-Qur’an yaitu a) kurang jelasnya melafalkan huruf hijaiyah dengan tepat, b) kurang bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwidnya, dan c) kurang jelas dalam melafalkan bacaan huruf yang hampir sama bunyinya. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an dengan benar bagi anak-anak usia dini di kelompok tersebut Anak-anak usia dini yang menjadi sasaran kegiatan ini sebanyak 10 orang. Anak-anak usia dini tersebut diajarkan bagaimana membaca Al-Qur’an sesuai tingkatan jilidnya sebagai dasar pemahaman lafad sesuai dengan makhroj, tajwid, dan tartilnya dengan metode yang mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Metode yang digunakan adalah metode UMMI yang dikombinasikan dengan media audio visual Youtube. Setelah dilaksanakan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an pada anak usia dengan indikator (a) anak mampu melafadzkan dan mengenal huruf-huruf hijaiiyah dalam Al-Qur’an dengan benar, (b) anak mampu membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan tajwidnya, (c) anak mampu mengikuti bacaan yang diajarkan oleh guru, dan (d) anak mampu mengulangi kembali bacaan Al-Qur’an yang telah diajarkan sebelumnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode UMMI dapat meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini.
Keywords
membaca Al-Qur’an; metode UMMI; media audio visual; anak usia dini
References
Aini, Qoshirotun Thorfi. (2022). Implementasi Metode “UMMI” pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TK Excellent Islamic School (EXISS) Abata Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Anshari, Muhammad Iqbal. (2018). “Sistem Pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Umul Qur’an Banjarmasin, V. 9, 2018, h.227.
Mulyani, Dewi, dkk. (2018). Al-Qur‟an Literacy for Early Childhood With Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi, Vol 2, 2018, h. 202.
Syarifuddin, Ahmad. (2005). Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press, 2005), Cet. 11, h. 64
Yasyakur, M. (2017). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak. Bogor : Bina Manfaat Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 EduKarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.