Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Melalui Pelatihan Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar di wilayah 1 Desa Beji

Yunita Sari, Jupriyanto Jupriyanto, Muhamad Afandi, Sari Yustiana

Abstract


Kemajuan teknologi informasi dan internet saat ini mengakibatkan sumber daya informasi digital sangat melimpah. .    Literasi    digital   diperlukan    untuk    mengajarkan    anak-anak    dasar- dasar bersosialisasi  dan  keamanan  digital  sehingga  mereka  dapat  menjelajahi  dunia  digital  dengan aman dan percaya diri. Literasi digital adalah sebuah keterampilan abad ke-21 yang diperlukan untuk peserta didik. Akan  tetapi  keterampilan  literasi  digital peserta  didik diperoleh  skor  dengan  kategori sangat kurang. Sebagian besar  masyarakat  Indonesia  pada  kenyataannya belum  memiliki  pemahaman  yang  kuat  tentang bagaimana dunia digital bekerja. Sebagian besar dari  mereka  masih  buta  huruf  secara  digital. Dari hasil identifikasi yang telah dilakukan terhadap siswa sekolah dasar kelas IV dan V di desa Beji Khususmya RT 02 di wilayah 1 ditemukan permasalahan sebagai  berikut: (1) Siswa   belum   mampu   mengoperasikan   perangkat computer, (2) Siswa   belum  mampu  menggunakan beberapa  perangkat  lunak  seperti MS  Office  (word dan excel) dan (3) Siswa   belum   mampu menggunakan teknologi informasi (internet) secara optimal. Maka diperlukan pelatihan computer untuk meningkatkan kemampuan literasi digital. Pemecahan permasalahan permasalahan pada peningkatan kemampuan literasi digital melalui pelatihan komputer bagi siswa Sekolah Dasar di wilayah 1 desa Beji diimplementasikan dalam 4 (empat) tahapan  yaitu (1) sosialisasi, (2 ) pendampingan atau pelaksanaan  kegiatan serta (3) monitoring dan evaluasi.


Full Text:

PDF

References


Hendriana, D. (2023). Peran Ilmu Pengetahuan Dan Pengaruh Kemajuan Teknologi Digital Dalam Pelaksanaan Tugas Kekhalifahan Manusia. Rausyan Fikr Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.7730

Irhamdhika, G. (2022). Mitigasi Hoax Di Era Disrupsi Melalui Literasi Digital. J-IKA, 9(1), 39. https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12610

Jazuli, A., Latubessy, A., & Nindyasari, R. (2021). Arsitektur Web Service Di Lembaga Pendidikan Ma’arif Demak. Indonesian Journal of Technology Informatics and Science (IJTIS), 2(2), 67. https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.5980

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Himmawan, D., Syaefulloh, Sauri, S., & Khoirurrahman, A. (2023). Peran Tenaga Pendidik Dalam Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas Indonesia. Deleted Journal, 1(1), 20. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3

Lestari, I. L., Fibriyani, V., & Zulfarosda, R. (2023). Menumbuhkan Literasi Digital pada Kalangan Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Panggungrejo. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 6(1), 72. https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.138

Palupi, M. F. T., & Norhabiba, F. (2021). Edukasi Literasi Digital pada Remaja dalam Menangkal Cyberbullying. Jurnal Abdidas, 2(4), 1014. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.408

Wanda, E. M. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078

Mulya, Y. H., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2023). The Correlation between Parents’ Digital Literacy Knowledge and Parents’ Perception of Digital Literacy Knowledge of Elementary School Students. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan, 15(2), 1965. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2690

Lestari, N., Yusuf, St. M., Ihwan, I., Mahfud, M., Ernawati, E. E., & Jannah, N. (2020). Training of literacy-oriented teaching material development in MTs Al Ikhlas Soe, East Nusa Tenggara. Journal of Community Service and Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.22219/jcse.v1i2.12312

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Setiawan, R., Tata, M. E., Siedik, N. K. A., Sundari, A., Yulistiani, S., Nursifa, F. S., Nurhidayanti, S., Rohayani, S., Azwardhi, M. Y., Buchori, N., Rifaldi, M., Saifurrahman, S., Putra, R., Ardiansyah, R., Hakim, L. L., Ibrahim, M. F. J., Nugraha, D., Nurhidayati, S. St. E., Agustin, N. Y., & Ireland, N. A. (2023). Literasi Digital Sebagai Peningkatan Pemahaman Masyarakat Dengan Door To Door dan Seminar. Jurnal PkM MIFTEK, 4(1), 18. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-1.1321

Suryani, N., Yusnaeni, W., & Basri, H. (2023). Pelatihan Desain Presentasi Dengan Canva Pada DKM Darul Hikmah Depok. Jurnal Aruna Mengabdi, 1(1), 1. https://doi.org/10.61398/armi.v1i1.2

Tari, E. (2020). Implementasi Konsep Gereja berdasarkan Kisah Para Rasul 2:41-47 dalam Bergereja di Era digital.

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611

Sutarti, Anharudin, & Maulana, B. (2023). Product Packaging Innovation as a Means of Increasing Consumer Attractiveness in UMKM Kubang Jaya Village. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.13319

Ningrum, E. S., Agusman, D., & Rosalina, R. (2020). Pelatihan Crimping Kabel dan Perancangan Jaringan dengan Program Simulasi Cisco Packet Tracer. Jurnal SOLMA, 9(1), 14. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3354

Astawa, I. P. A., Atmika, I. K. A., & Komaladewi, I. A. A. A. S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Potensi Desa Di Bidang Pertanian, Peternakan Dan Home Industry Menuju Daerah Wisata Mandiri. Buletin Udayana Mengabdi, 17(2), 1. https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i02.p01

Kurniawan, B. (2020). Evaluasi Program Konservasi Cagar Budaya melalui Mekanisme Pemberian Subsidi di Kawasan Kota Lama Sawahlunto. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 14(1), 38. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v14i1.200

Romli, O., & Putra, A. R. (2021). Pendampingan Umkm Melalui Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Baik Online Maupun Offline Produk Kacang Umpet Varian Rasa Menjadi Produk Yang Kompetitif Di Desa Sukasari.

Maulana, I., Faradilah, A. N., Ryanti, D., & Qomariyah, R. S. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 EduKarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.