Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Melalui Pelatihan Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar di wilayah 1 Desa Beji
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan internet saat ini mengakibatkan sumber daya informasi digital sangat melimpah. . Literasi digital diperlukan untuk mengajarkan anak-anak dasar- dasar bersosialisasi dan keamanan digital sehingga mereka dapat menjelajahi dunia digital dengan aman dan percaya diri. Literasi digital adalah sebuah keterampilan abad ke-21 yang diperlukan untuk peserta didik. Akan tetapi keterampilan literasi digital peserta didik diperoleh skor dengan kategori sangat kurang. Sebagian besar masyarakat Indonesia pada kenyataannya belum memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana dunia digital bekerja. Sebagian besar dari mereka masih buta huruf secara digital. Dari hasil identifikasi yang telah dilakukan terhadap siswa sekolah dasar kelas IV dan V di desa Beji Khususmya RT 02 di wilayah 1 ditemukan permasalahan sebagai berikut: (1) Siswa belum mampu mengoperasikan perangkat computer, (2) Siswa belum mampu menggunakan beberapa perangkat lunak seperti MS Office (word dan excel) dan (3) Siswa belum mampu menggunakan teknologi informasi (internet) secara optimal. Maka diperlukan pelatihan computer untuk meningkatkan kemampuan literasi digital. Pemecahan permasalahan permasalahan pada peningkatan kemampuan literasi digital melalui pelatihan komputer bagi siswa Sekolah Dasar di wilayah 1 desa Beji diimplementasikan dalam 4 (empat) tahapan yaitu (1) sosialisasi, (2 ) pendampingan atau pelaksanaan kegiatan serta (3) monitoring dan evaluasi.
Full Text:
PDFReferences
Hendriana, D. (2023). Peran Ilmu Pengetahuan Dan Pengaruh Kemajuan Teknologi Digital Dalam Pelaksanaan Tugas Kekhalifahan Manusia. Rausyan Fikr Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 19(1). https://doi.org/10.31000/rf.v19i1.7730
Irhamdhika, G. (2022). Mitigasi Hoax Di Era Disrupsi Melalui Literasi Digital. J-IKA, 9(1), 39. https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12610
Jazuli, A., Latubessy, A., & Nindyasari, R. (2021). Arsitektur Web Service Di Lembaga Pendidikan Ma’arif Demak. Indonesian Journal of Technology Informatics and Science (IJTIS), 2(2), 67. https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.5980
Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Himmawan, D., Syaefulloh, Sauri, S., & Khoirurrahman, A. (2023). Peran Tenaga Pendidik Dalam Transformasi Pendidikan Menuju Generasi Emas Indonesia. Deleted Journal, 1(1), 20. https://doi.org/10.58355/manajia.v1i1.3
Lestari, I. L., Fibriyani, V., & Zulfarosda, R. (2023). Menumbuhkan Literasi Digital pada Kalangan Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Panggungrejo. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 6(1), 72. https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.138
Palupi, M. F. T., & Norhabiba, F. (2021). Edukasi Literasi Digital pada Remaja dalam Menangkal Cyberbullying. Jurnal Abdidas, 2(4), 1014. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.408
Wanda, E. M. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknologi, 3(12), 1035. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078
Mulya, Y. H., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2023). The Correlation between Parents’ Digital Literacy Knowledge and Parents’ Perception of Digital Literacy Knowledge of Elementary School Students. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan, 15(2), 1965. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2690
Lestari, N., Yusuf, St. M., Ihwan, I., Mahfud, M., Ernawati, E. E., & Jannah, N. (2020). Training of literacy-oriented teaching material development in MTs Al Ikhlas Soe, East Nusa Tenggara. Journal of Community Service and Empowerment, 1(2). https://doi.org/10.22219/jcse.v1i2.12312
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486
Setiawan, R., Tata, M. E., Siedik, N. K. A., Sundari, A., Yulistiani, S., Nursifa, F. S., Nurhidayanti, S., Rohayani, S., Azwardhi, M. Y., Buchori, N., Rifaldi, M., Saifurrahman, S., Putra, R., Ardiansyah, R., Hakim, L. L., Ibrahim, M. F. J., Nugraha, D., Nurhidayati, S. St. E., Agustin, N. Y., & Ireland, N. A. (2023). Literasi Digital Sebagai Peningkatan Pemahaman Masyarakat Dengan Door To Door dan Seminar. Jurnal PkM MIFTEK, 4(1), 18. https://doi.org/10.33364/miftek/v.4-1.1321
Suryani, N., Yusnaeni, W., & Basri, H. (2023). Pelatihan Desain Presentasi Dengan Canva Pada DKM Darul Hikmah Depok. Jurnal Aruna Mengabdi, 1(1), 1. https://doi.org/10.61398/armi.v1i1.2
Tari, E. (2020). Implementasi Konsep Gereja berdasarkan Kisah Para Rasul 2:41-47 dalam Bergereja di Era digital.
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3). https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Sutarti, Anharudin, & Maulana, B. (2023). Product Packaging Innovation as a Means of Increasing Consumer Attractiveness in UMKM Kubang Jaya Village. Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i1.13319
Ningrum, E. S., Agusman, D., & Rosalina, R. (2020). Pelatihan Crimping Kabel dan Perancangan Jaringan dengan Program Simulasi Cisco Packet Tracer. Jurnal SOLMA, 9(1), 14. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3354
Astawa, I. P. A., Atmika, I. K. A., & Komaladewi, I. A. A. A. S. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Potensi Desa Di Bidang Pertanian, Peternakan Dan Home Industry Menuju Daerah Wisata Mandiri. Buletin Udayana Mengabdi, 17(2), 1. https://doi.org/10.24843/bum.2018.v17.i02.p01
Kurniawan, B. (2020). Evaluasi Program Konservasi Cagar Budaya melalui Mekanisme Pemberian Subsidi di Kawasan Kota Lama Sawahlunto. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 14(1), 38. https://doi.org/10.33374/jurnalkonservasicagarbudaya.v14i1.200
Romli, O., & Putra, A. R. (2021). Pendampingan Umkm Melalui Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Baik Online Maupun Offline Produk Kacang Umpet Varian Rasa Menjadi Produk Yang Kompetitif Di Desa Sukasari.
Maulana, I., Faradilah, A. N., Ryanti, D., & Qomariyah, R. S. (2025). MEDIA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 EduKarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.