Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Guna Meningkatkan Kemampuan Dikdaktikal Guru

Imam Kusmaryono, Mohamad Aminudin, Dyana Wijayanti, Nila Ubaidah

Abstract


Pemecahan masalah implementasi kurikulum merdeka belajar membutuhkan pendampingan dalam praktik pembelajarannya di tingkat sekolah. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk para guru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dikemas dalam bentuk pelatihan yang diikuti oleh 20 guru tingkat SMP di wilayah kecamatan Susukan, kabupaten Semarang. Pengabdian kepada masyarakat ini berfokus transfer teknologi pembelajaran untuk guru agar memiliki kemampuan professional dan didaktikal dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah.  Hasil capaian pelatihan menunjukkan sebesar 95% peserta pelatihan (guru) mampu mengimplementasikan materi pelatihan dalam praktik pembelajaran di kelas. Sedangkan 5% peserta kurang mampu mengimplementasikan dalam praktik pembelajaran di kelas dikarenakan keterbatasan kemampuaan penggunaan teknologi komputer dan usia guru yang sudah mencapai masa pensiun (58 tahun).  Sedangkan  kepuasan mitra terhadap pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa semua peserta (100%) menyatakan puas dengan rata-rata score 3.75 atau tingkat kepuasan sangat tinggi.   


Keywords


Kurikulum merdeka; kemampuan didaktikal; pelatihan; pembelajaran berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Adare, A. A., Li, Y., & Gebresilase, B. M. (2023). Assessing practices and challenges in implementing differentiated instruction in mingde primary school. Open Journal of Social Sciences, 11(02), 79–100. https://doi.org/10.4236/jss.2023.112007

Al-Shaboul, Y., Al-Azaizeh, M., & Al-Dosari, N. (2021). Differentiated instruction between application and constraints: Teachers’ perspective. European Journal of Educational Research, 10(1), 127–143. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.127

Alvunger, D., & Grahn Johansson, V. (2018). Exploring recontextualization of didactic ability and vocational teacher students’ professional learning through video analysis. Nordic Journal of Vocational Education and Training, 15(12), 36–56. https://doi.org/10.3384/njvet.2242-458x.188336

Alvunger, D., & Wahlström, N. (2018). Research-based teacher education? Exploring the meaning potentials of Swedish teacher education. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 24(4), 332–349. https://doi.org/10.1080/13540602.2017.1403315

Benjamin, L., & Panesar-Aguilar, S. (2020). Implementation of differentiated instruction in middle school classrooms: A qualitative study. World Journal of Education, 10(1), 81–99. https://doi.org/10.5430/wje.v10n1p81

Dixon, F. A., Yssel, N., McConnell, J. M., & Hardin, T. (2014). Differentiated instruction, professional development, and teacher efficacy. Journal for the Education of the Gifted, 37(2), 111–127. https://doi.org/10.1177/0162353214529042

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif progresivisme pada mata pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Kusmaryono, I., & Ubaidah, N. (2022). Upaya peningkatan kreativitas guru melalui pelatihan pembuatan teka-teki silang sebagai alat bantu pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1160–1167. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10682

Lavania, M., & Nor, F. B. M. (2020). Barriers in differentiated instruction: A systematic review of the literature. Journal of Critical Reviews, 7(6), 293–297. https://doi.org/10.31838/jcr.07.06.51

Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan komik digital dengan canva for education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760–768. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084

Sopianti, D. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN–Journal of Music Education, 1(1), 1–8.

Suprayogi, M. N., Valcke, M., & Godwin, R. (2017). Teachers and their implementation of differentiated instruction in the classroom. Teaching and Teacher Education, 7, 291–301. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 EduKarya: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.