PELATIHAN KADER KESEHATAN GIGI DAN MULUT USIA REMAJA UNTUK MENINGKATKAN PEGETAHUAN DAN PERILAKU KESEHATAN GIGI

Erdianto Setya Wardhana, Tahta Danifatis Sunnah, Hayyu Failasufa, Nadya Restu Ryendra

Abstract


Background: kurangnya pemahaman tentang praktik kebersihan gigi yang benar dan kurangnya perhatian terhadap perawatan gigi berkualitas dapat berkontribusi pada masalah kesehatan gigi dan mulut pada usia remaja.SMA 11 negeri Semarang juga belum memiliki program UKGS (Unit Kesehatan Gigi Sekolah) serta belum memiliki kader-kader kesehatan gigi, sehingga pemahaman dan informasi terkait kesehatan gigi dan mulut di SMA Negeri 11 masih sangat terbatasPelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut Usia Remaja untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Perilaku Kesehatan gigi di SMA Negeri 11 Semarang

Method: metode edukasi yang digunakan berupapelatihan kader kesehatan gigi dan mulut untuk remaja siswa kelas XII SMA 11 Negeri Semarang sebanyak 46 siswaserta pengambilan data secara deskriptif cross sectional untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan siswa remaja menggunakan kuesioner

Result: Kegiatan pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut di SMA Negeri 11 Semarang berjalan dengan baik dan didapatkan hasiil tingkat pengetahuan kategori kurang adalah 0%; kategori sedang adalah 8,7% dan kategori baik sebanyak 91,3 %

Conclusion: Kegiatan pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut usia remaja efektif meningkatkan pemahamam dan pengetahuan siswa-siswi di SMA Negeri 11 Semarang

 

Keywords


Kader kesehatan gigi; usia remaja; pengetahuan kesehatan gigi

Full Text:

PDF

References


Boy, H. and Khairullah, A., 2019. Hubungan Karies Gigi dengan Kualitas Hidup Remaja SMA di Kota Jambi. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1), pp.10-13.

Annisa, A., Rahfiludin, M.Z. and Pradigdo, S.F., 2018. Hubungan Antara Kejadian Anemia Dengan Aktivitas Fisik Dan Riwayat Penyakit Infeksi Pada Siswi Kelas XI Sma Negeri 11 Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(5), pp.311-316.

Purwaningsih, E., Aini, A.S., Ulfah, S.F. and Hidayati, S., 2022. Literature Review: Perilaku Menyikat Gigi Pada Remaja Sebagai Upaya Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut. Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 4(1), pp.15-23.

Kusmana, A. and Sabilillah, M.F., 2019. Implementasi Pengajaran Cara Menyikat Gigi Menggunakan Metode Drill dalam Menunjang Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut di Masyarakat. Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), pp.6-10.

Sunnah, T.D. and Wardhana, E.S., 2022. Training of Health Cadre in Kindergarten (tk) Fajar Rachma on Improving Children's Dental and Oral Health. Jurnal Medali, 4(2), pp.130-135.

Mardeilita, S., 2019. Perilaku pemeliharaan kesehatan gigi remaja di sekolah menengah pertama negeri 4 Kota Banda Aceh. Jurnal SAGO Gizi Dan Kesehatan, 1(1), pp.45-53.

Wardhana, E.S., Ratnawati, I.D., Failasufa, H. and Balqis, I., 2023. A Comparative Analysis of the Impact of Audiovisual and Leaflets through Whatsapp as Oral Health Promotion Media on Adolescents' Knowledge of Oral Health. South Eastern European Journal of Public Health, pp.181-188..

Safura, N.A.E., Musthofa, S.B. and Shaluhiyah, Z., 2022. Aplikasi Berbasis Android Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Remaja: A Scoping Review. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(10), pp.18314-18325.

Senjaya, A.A. and Yasa, K.A.T., 2019. Hubungan pengetahuan dengan kebersihan gigi dan mulut siswa kelas VII di SPMN 3 Selemadeg Timur Tabanan tahun 2018. Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), 6(2), pp.19-22.

Sugiarto, F.A., Wardhana, E.S. and Darmawan, N.A., 2023. Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Kesehatan Gigi Dan Hak-Kewajiban Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi Di Kota Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat DentMas, 1(2), pp.46-50..

Ruslan, M.R., Mayasari, Y. and Asim, F.M., 2023. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Mengenai Kesehatan Gigi Mulut pada Kelompok Remaja Usia 15 Tahun. e-GiGi, 11(2), pp.227-232.

Failasufa, H., Fatkhurrohman, F., Kusniati, R. and Wardhana, E., 2023. Pelatihan Dokter Kecil Untuk Peningkatan Status Kesehatan Umum Dan Kesehatan Gigi Mulut Di Wilayah Kerja Puskesmas Pegandan Kota Semarang. JURNAL INOVASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(2), pp.23-26.

Wardhana, E.S., Sugiarto, F.A. and Ryendra, N.R., 2023. Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Tindakan Pencabutan Gigi Dan Persetujuan Tindakan Kedokteran (Informed Consent) Dalam Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat DentMas, 1(1), pp.8-14..




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/dentmas.2.1.19-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.