ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM ILUSTRASI BUKU ANAK “DHIKR FOR KIDS” KARYA FARAH KURESHI

alleb syadida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ilustrasi ketujuh dan delapan buku anak “Dhikr for Kids” karya Farah Kureshi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten (content analysis) guna memahami bagaimana ilustrasi dalam buku tersebut menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam secara visual. Sumber data penelitian ini terdiri dari isi buku  “Dhikr for Kids”, wawancara dengan ilustrator dari buku tersebut, dan pembaca. Data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi ketujuh dan delapan dalam buku “Dhikr For Kids” mengandung nilai-nilai pendidikan Islam berupa aspek akidah dan syariat, yang diimplementasikan melalui elemen- elemen yang beragam, seperti warna, orang, tumbuhan, buah-buahan, pakaian, elemen alam, tulisan, bangunan, serta benda-benda tak hidup lainnya, seperti tasbih dan mutiara. Ilustrasi sudah tepat dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam. Sebagai implikasi, diharapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pendidikan dapat memanfaatkan ilustrasi sebagai media pembelajaran dan penelitian untuk memperkuat fungsi nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya ilmiah.



DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.