Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ilustrasi Buku Anak “Dhikr For Kids” Karya Farah Kureshi

Nadia Bella Dina Syadida, Sugeng Haryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam ilustrasi ketujuh dan delapan buku anak “Dhikr for Kids” karya Farah Kureshi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis konten (content analysis) guna memahami bagaimana ilustrasi dalam buku tersebut menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam secara visual. Sumber data penelitian ini terdiri dari isi buku  “Dhikr for Kids”, wawancara dengan ilustrator dari buku tersebut, dan pembaca. Data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ilustrasi ketujuh dan delapan dalam buku “Dhikr For Kids” mengandung nilai-nilai pendidikan Islam berupa aspek akidah dan syariat, yang diimplementasikan melalui elemen- elemen yang beragam, seperti warna, orang, tumbuhan, buah-buahan, pakaian, elemen alam, tulisan, bangunan, serta benda-benda tak hidup lainnya, seperti tasbih dan mutiara. Ilustrasi sudah tepat dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam. Sebagai implikasi, diharapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pendidikan dapat memanfaatkan ilustrasi sebagai media pembelajaran dan penelitian untuk memperkuat fungsi nilai-nilai pendidikan Islam dalam karya ilmiah.

Keywords


Dhikr for Kids; ilustrasi; nilai-nilai pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an, T. S. (2011). Syaamil Al-Qur’an Terjemah Tafsir Per Kata. Sygma Publishing.

Ar Razaq, H. R. (2024). Visualisasi Surga Perspektif Tafsir Ibnu Katsir (Studi Surah Al-Waqi’ah Ayat 12-38) [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah.

Fa’atin, S., & Swastika, Y. I. (2022). Pola Representasi Moderasi Beragama dalam Buku Teks Pembelajaran Madrasah: Studi Content Analysis. Quality, 10(2), 325. https://doi.org/10.21043/quality.v10i2.17627

Farah Kureshi. (2023). Dhikr for Kids: A Comprehensive Guide: Unveiling The Benefits and Rewards of Dhikr to Children. Independently Published.

Hafidz, N., Arfina, D., & Nurbaiti, A. (2023). Pengaruh Buku Anak Cerita Islami Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Usia Usia 5-6 Ra Wadas Kelir Purwokerto Selatan. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 57–67.

Haikal, M. I., Al-Faruq, M. I., Azzahra, M. F., & Fitriana, N. (2023). Kenikmatan-Kenikmatan di dalam Surga. Gunung Djati Conference Series, 22.

Hidayat, I. W. (2025). Analisis Isi Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD: Tinjauan Struktur, Bahasa, Ilustrasi, Kurikulum, dan Representasi Sosial Budaya. JIMAD: Jurnal Ilmiah Madrasah, 2(1), 95–101.

Maulida, P. (2023). Terapi Zikir dalam mengurangi Kecemasan Jiwa Para Lanjut Usia di Yayasan Panti Nurul Jannah Werdha Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai [Skripsi]. UIN Sumatra Utara Medan.

Nasution, S. I. (2023). Analisis Semiotik Hijab. Madani Jaya.

Noormalasari, D. A., Makhshun, T., & Warsiyah, W. (2023). Pengembangan Media BOGASA (Board Game Arab Raksasa) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa SMA. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.30659/jspi.v6i1.31099

Nuri Arifiah Romadhoni, Muhammad Turhan Yani, & Achmad Sya’dullah. (2024). Strategi Dan Media Pengembangan Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Journal of Student Research, 2(4), 112–118. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3147

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.

Sari, P., Teiri Nurtiani, & Mik Salmina Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, A. (2020). Analisis Kecerdasan Spiritual Melalui Buku Cerita Bergambar Islami Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Fkip Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 2–2.

Sinaga, H., & Aminullah, M. (2024). Dosa dalam Perspektif Islam dan Kristen (Studi Perbandingan tentang Konsep Dosa dalam Al-Qur’an dan Al-Kitab). Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 68–82.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Yulianti, D., Mulyadi, A., & Irham. (2024). Pembuatan Kerajinan Tangan Gantungan Tasbih dan Aksesoris Cincin di SMPN 1 Serang Baru. An Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 03.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.4.1.1-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.