Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MI Al Hidayah Puri Pati

Guruh Sri Susanti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran umum penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan kelembagaan di MI Al Hidayah Puri Pati. Dan Juga untuk mengeksplorasi Implikasi manajemen pendidikan berbasis masyarakat dalam Peningkatan Mutu kelembagaan di MI Al Hidayah Puri Pati. Dan menganalisis bagaimana implikasi dari manajemen pendidikan berbasis masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan di MI Al Hidayah Puri Pati. Untuk pemberdayaan masyarakat ke arah yang lebih baik demi terwujudnya masyarakat yang unggul dalam segala bidang. Melalui Pendidikan Berbasis Masyarakat, masyarakat diberdayakan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Pemberdayaan dan pendidikan ini berlangsung terus-menerus dan seumur hidup (long life education). Penelitian yang berjudul Strategi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dan Implikasinya terhadap Peningkatan Mutu Madrasah (Studi Analisia Pengelolaan Kelembagaan di MIS Al Hidayah Puri Pati) merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap obyek tertentu yang membutuhkan suatu analisis komprehensif dan menyeluruh. Implikasi partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kelembagaan di MI Al Hidayah terhadap mutu pendidikan ditunjukkan dengan meningkatnya mutu pendidikan mulai dari input, proses maupun output madrasah. Kualitas input pendidikan bisa dlihat dari meningkatnya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di MI Al Hidayah dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang pesat dan input peserta didik yang mempunyai prestasi akademik menengah. Kualitas proses pendidikan ditunjukan dengan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

Keywords


Manajemen Pendidikan, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Prenada Media, Jakarta, 2004.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Karakter Religious sebagai Nilai yang Sumber dari Sejarah Agama, Depag RI, Jakarta, 2014.

Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis; Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Kencana, Jakarta, 2004.

Sudradjad, Hari. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Cipta Lekas Garafika, Bandung, 2005.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Penjelasannya, Media Wacana, Yogyakarta, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.2.2.170-181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.