Relevansi Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’līm al-Muta’allim Karya Imam Az-Zarnuji terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek fundamental dalam pembentukan karakter dan kepribadian individu. Di Indonesia, konsep pendidikan karakter telah menjadi fokus utama dalam sistem pendidikan nasional, terutama dengan diperkenalkannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai luhur sesuai dengan ideologi bangsa. Burhanuddin azZarnuji, seorang cendekiawan Islam yang hidup pada abad ke-14, memberikan kontribusi besar pada pengembangan pendidikan karakter dalam tradisi Islam melalui karyanya, Kitab Ta’līmul Muta’allīīm, az-Zarnuji menguraikan prinsip-prinsip pendidikan yang berfokus pada pengembangan karakter yang baik dan moralitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam az-Zarnuji, konsep dan penerapan kurikulum merdeka, dan relevansi Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam az-Zarnuji terhadap terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Studi Fokus Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data primer kitab Ta’līmul Muta’allīīm karya imam al-Zarnuji, dan sumber data sekunder berupa buku-buku dan jurnal yang relevan dengan Pendidikan karakter dan kurikulum merdeka serta implementasinya. Adapun metode analisis data berupa analisis isi (content analysis), analisis induktif, dan deskriptif analitik.
Hasil dari penelitian ini adalah Konsep Pendidikan karakter dalam kitab Ta’līmul Muta’allīīm meliputi etika dalam belajar mengajar yaitu adab terhadap guru dan kesungguhan serta kedisiplinan, pengembangan sikap spiritual, sikap terhadap ilmu, sikap terhadap sesama, pengendalian diri dan etika pribadi, konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ta’līmul Muta’allim memiliki relevansi terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dapat dilihat dari beberapa aspek terutama pada pendekatan Pendidikan karakter, nilai-nilai karakter yang diajarkan, dan tujuan Pendidikan, Pembentukan Karakter Melalui Penghormatan Terhadap Guru dan Orang Tua, dan Pengembangan Kemandirian dan Tanggung Jawab.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Moh Anang. 2022. "Studi komparasi konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara." Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 01 2032.
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.
Aisyah, Layli, Fathiyah Nur Rizqiqa Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, and Sidiq Nulhaq.
"Kurikulum merdeka dalam perspektif pemikiran pendidikan Paulo
Freire." At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan 8, no. 2 162-172.
Alhamuddin. 2014. "Sejarah Kurikulum Di Indonesia." Nur El-Islam, 1 48–58.
Al-Maududi, Abu A'la. n.d. Toward Understanding. Comiti Riyadh: Islamic Dakwah.
Aradika, Muhammad Kahfi, Muhammad Nurwahidin, and Sudjarwo Sudjarwo. 2022. "Konsep Pendidikan Karakter Anak Dalam Perspektif Filsafat Ilmu." Journal of Innovation Research and Knowledge 2, no. 7 2621-2628.
Arikunto, Suharsimi. 2013. " Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik." In Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 65. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1993. " Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik." In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 202. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 2015. "Metode penelitian." In Metode penelitian, 95. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Azwar, Saifudin. 2015. "Metode Penelitian." In Metode Penelitian, 91. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Balraj, Singh. 2019. "Character education in the 21st century." Journal of Social Studies (JSS) 15, no. 1 1-12.
Bell, S. 2010. "Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future." The Clearing House 39-43.
Cahya, Fajar Septian, Saiful Bahri, and Hayaturrohman Hayaturrohman. 2016. "NilaiNilai Karakter dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin Karya Syekh Umar Baradja." Jurnal Studi Al-Qur'an 12, no. 1 77-96.
Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti Sudaryanti, and Nurtanio Agus Purwanto. 2017. "Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan." Jurnal Pendidikan Anak 6, no. 2 203-213.
Choirun’nisa, Febra Mayora, Nurjihan Rohadatul Aisy, Riduan Riduan, and Retno Wulandari. 2022. "Pengelolaan manajemen kurikulum anak usia dini di kelompok bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III." Jurnal
Multidisipliner Bharasumba 1, no. 02 164-174.
Darmawan, Rahmat. 2011. "Analisis Diksi dan Kontruksi Kalimat dalam Terjemahan Sya`ir Ta`limul Muta`allim." Skripsi Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah 50.
Dochy, David Gijbels and Filip. 2005. "Effects of Problem-Based Learning: A MetaAnalysis From the Angle of Assessment." Review of Educational Research 27-61.
Fiolanisa, Sasa, Dira Lestari, Dwi Ajeng Prasasti, and Gunawan Santoso. 2023.
"Menghubungkan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di
Lingkungan Sekitar." Jurnal Pendidikan Transformatif 2, no. 2 380-390.
Fitriyah, Raudhatul, Miskah Miskah, and Oman Farhurohman. 2024. "Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Identitas Kewarganegaraan." Garuda:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 2, no. 2 25-34.
Galuh, Azahra Dewanti, Delia Maharani, Latifah Meynawati, Dinie Anggraeni, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. " Urgensi nilai dan moral dalam upaya meningkatkan pendidikan karakter melalui pembelajaran pkn di sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5, no. 6 5169.
Gumilar, Gumgum, Dian Perdana Sulistya Rosid, Bambang Sumardjoko, and Anik Ghufron. 2023. "Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka." Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5, no. 2 148-155.
Gumilar, Gumgum, Dian Perdana Sulistya Rosid, Bambang Sumardjoko, and Anik Ghufron. 2023. "Urgensi penggantian kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka." Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 5, no. 2 148-155.
Hakim, Arif Rohman. 2023. "Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di
Indonesia." Journal on Education 6, no. 1 2361-2373.
Hamid, Abdul, Evi Gusliana, and M. Pd I. Salamun. 2017. Manajemen pengembangan kurikulum. Penerbit Adab.
Hamzah, Mohamad Rifqi, Yuniar Mujiwati, Intan Mazidha Khamdi, M. Ibnu Usman, and M. Zainal Abidin. 2022. "Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik." Jurnal Jendela Pendidikan 2, no. 04 553559.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. 2021. "Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif." Jurnal Basicedu, Vol.5 No.3, . https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i 1349–1355.
Haris, Abdul Haris. 2017. "Pendidikan karakter dalam perspektif Islam." AlMunawwarah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 64-82.
Harun, Syaji. 2023. "Peran Agama Dalam Membangun Karakter Bangsa." ALACRITY: Journal of Education 81-94.
Hasan, M. Iqbal. 2002. "Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian." In Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian, 11. Jakarta: PT. Raja Ghalia Indonesia.
Hasan, Said Hamid. 2019. "Pendidikan sejarah untuk kehidupan abad ke-21." Historia: jurnal pendidik dan peneliti sejarah.
Hasbulah. 2012. "Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan." In Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, h. 2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Herdiansyah, Haris. 2014. "Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial,." In
Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial,, 116. Jakarta: Salemba Humanika.
Herwina, Wiwin. 2021. "Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi." Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 175-182.
Hidayati, Arina, Ibrahim Ibrahim, Dewi Asri, Imelda Imelda, and Indah Pajar Wati. 2024. "Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang." Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 3 18-34.
Innike, Kusumawardani. 2018. "Pelaksanaan Sistem Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Pesantren Al-Manar Ponorogo." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Jannah, Nuriah Miftahul. 2016. "Studi Komparasi Pemikiran KH. Hasyim Asy'ari Dan
Hamka Tentang Pendidikan Karakter." Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif
Hidayatullah Jakarta.
John Larmer, Jhon Mergendoller, suzie Boss. 2015. Setting the Standard for Project Based Learning. ASCD.
Julaeha, Siti. 2019. "Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 157.
Jumriani, J. 2024. "Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah." Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 3.
Juwandi, Ronni, Enday Nurmahdiah, Fahmi Fakhrudin, Sarinah Sarinah, Lidaeni Ihsani, and Harfi Nurachman. 2023. "Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah."
Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa 1, no. 4 201-212.
Kaelany HD. 2000. Iman, Ilmu dan Amal Saleh. Jakarta: Rineka Cipta.
Kamila, Aiena. 2023. "Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar." Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 2, no. 5 321-338.
Kartini, Ajeng. 2012. "Taqwa penyelamat ummat." AL'ULUM 52, no. 2.
Kasingku, Juwinner, and Alan Hubert Frederik Sanger. 2023. "Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 6096-6110.
Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. 2021. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khalid, Abdul Rahman Abdul. 1996. Garis Pemisah antara Kufur dan Iman. Jakarta: Bumi Aksara.
Khamalah, Nur. 2017. "Penguatan pendidikan karakter di madrasah." Jurnal kependidikan 5, no. 2 200-215.
Konseptual, Jurnal Riset dan. n.d. 411.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Kosassy, Siti Osa. 2017. "Analisis konsep dan implementasi kurikulum 2013." Pelita Bangsa Pelestari Pancasila 12, no. 1 78-89.
Langgulung, Hasan. 1989. "Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21." In Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, 99. Jakarta: Pustaka Al.
Licknoa, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mahrus, KH. Abdullah Kafabihi. 2015. kajian dan analisis ta'lim muta'allim dilengkapi dengan tanya jawab. kediri: santri salaf press.
—. 2015. kajian dan analisis ta'lim muta'allim dilengkapi dengan tanya jawab. kediri: santri salaf press.
malawi, Ibadullah. 2017. "Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra lokal." In Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra lokal, 27-31. Jawa Timur: CV, AE Media Grafika.
Mardianto, Handono. 2010. saleh yang salah. Jakarta : Gramedia.
Markham, Thm. 2011. "Project Based Learning: A Bridge Just Far Enough." Teacher Librarian 38-42.
Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. 2019. "Strategi pembelajaran karakter kerja keras." Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 15, no. 1.
Maskur, Maskur. 2023. "Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar." Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP) 1, no. 3 190-203.
Matin, Abdul. 2022. "Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo." Jurnal Kependidikan Islam no. 1 62.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. 2022. "Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran." Jurnal Tahsinia 167 - 175.
mergendoller, john larmer & jhon. 2010. "7 Essentials for Project-Based Learning." Educational Leadership 34-37.
Muhajir, Noeng. 1996. "Metodologi Penelitian Kualitatif." In Metodologi Penelitian Kualitatif, 69. Yogyakarta: Rake Surasin.
Muhtarom. 2018. "isu-isu kontemporer." In isu-isu kontemporer, h. 6. Kudus: Maktabah,.
muktamar, ahmad. 2024. "Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa." Journal banjarese 1-8.
Mulyasa. 2013. "Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013." In Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013, 66. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2016. "Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013." In Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, 68. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Musdalipah, Musdalipah, Rustang Bin Lapude, and Ahmad Muktamar. 2023. "Profil Pelajar Pancasila Dalam Persfektif Pendidikan Agama Islam." Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 4 164-179.
Nasution. 2011. "Metode Research." In Metode Research, 143. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2001. "Pemikiran Para Tokok Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam." In Pemikiran Para Tokok Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam, 104. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cetakan II.
Nudin, Burhan. 2020. "Konsep Pendidikan Islam Pada Remaja di Era Disrupsi Dalam Mengatasi Krisis Moral." Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 11, no. 1 63-74.
Pillawaty, Shinta Sri, Nurul Firdaus, Uus Ruswandi, and Syaefan Abdan Syakuro. 2023.
"Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka." Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor 1 379388.
Purnawanto, Ahmad Teguh. 2023. "Pembelajaran berdiferensiasi." Jurnal Pedagogy 16, no. 1 34-54.
Rahayu, Dini Nur Oktavia, Dadang Sundawa, and Erlina Wiyanarti. 2023. "Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global."
Visipena 14, no. 1 14-28.
Rahmi, Rina, Aswatun Hasanah, and Septika Laily Anti. 2020. "Konsep Pendidikan Karakter Pada Sekolah Inklusi Tingkat Usia Dasar." AR-RIAYAH: Jurnal
Pendidikan Dasar 4, no. 2 155.
Ramadhan, Yokha Latief. 2022. "Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Religius Dalam Buku Educating For Character." Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. "Metodologi Penelitian." In Kajian Budaya Dan Ilmu Sosoal Humaniora Pada Umumnya, 336. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Risdiany, Hani, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. "Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila." Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 04 696-711.
Rombe, Risna, Rani Rani, Nurlita Nurlita, and Jenri Fani Parinding. 2023. "Pembelajaran
Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen." Jurnal Pendidikan Dan Keguruan 1, no. 6 541.
Roqib, Moh. 2019. "Ilmu Pendidikan Islam." In Ilmu Pendidikan Islam, h. 5. Yogyakarta: LkiS.
Rosyad, Ali Miftakhu, and Muhammad Anas Maarif. 2020. "Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 75-99.
Salahudin, Anas. 2013. In Pendidikan Karakter, by Irwanto Alkrienciechie, 43. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Salsabilah, Azka Salmaa, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. "Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter." Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 7158-7163.
Sani, R. A. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2005. " Pembelajaran dalam Implementasi Kurikilum Berbasis Kompetensi." In Pembelajaran dalam Implementasi Kurikilum Berbasis Kompetensi, 2. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2008. "Kurikulum dan Pembelajaran." In Kurikulum dan Pembelajaran, 3. Jakarta: Kencana.
Semadi, Yoga Putra. 2019. "Filsafat Pancasila dalam pendidikan di Indonesia menuju bangsa berkarakter." Jurnal Filsafat Indonesia 2, no. 2 82-89.
Setiawan, Dede, M. Alwi Af, Fahmi Muhamad Aziz, Abdul Fajar, and Yurna Yurna. 2023.
"Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat." Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1, no. 4 52-63.
Setiyaningsih, Suci, and Wiryanto Wiryanto. 2022. ""Peran guru sebagai aplikator profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka belajar." Jurnal Ilmiah Mandala
Education 8, no. 4.
Shaleh, M. Ashaf. n.d. Takwa Makna dan Hikmahnya dalam Alquran. PT. Gelora Aksara Pratama.
Sholeh, Ahmad. 2006. "Pembelajaran Kitab Ta`limul Muta`allim Implikasinya dalam Pembentukan Akhlaq Santri di Pondok Pesantren Roudlout Tholibin Aspir Pesantren Kaliwungu Kendal." Skripsi Semarang: IAIN Walisongo 55.
SITI, MAYSAROH. 2020. "PESAN MORAL YANG TERKANDUNG DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM KARYA SYEIKH AZ-ZARNUJI." UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
soekamto, Hadi. 2022. "perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka." In perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka, 100. Jakarta: CV. Bayfa Cendekia.
Solahuddin, Jihad. n.d. "KEBAHAGIAAN MENURUT AL-GHAZALI DAN MARTIN
SELIGMAN." Bachelor's thesis FU.
Subagyo, P. Joko. 1994. " Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek." In Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, 109. Jakarta: Rinekacipta.
Sugiyono. 2012. "Metode Penelitian Pendidikan." In Metode Penelitian Pendidikan, 335.
Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. "Metode Penelitian Pendidikan." In Metode Penelitian Pendidikan, 82. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Susilo, Joko. 2022. "PENDIDIKAN ETIKA HAMKA DAN RELEVANSINYA
TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA." Raudhah Proud To Be Professionals:
Jurnal Tarbiyah Islamiyah 7, no. 2 386-397.
Suwartini, Sri. 2017. "Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan." Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, no. 1.
Syafe'i, Imam. 2017. "Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 61-82.
Syafi’i, Fahrian Firdaus. 2022. "Merdeka belajar: sekolah penggerak." In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Thohir, Kholis. 2017. "Kurikulum dan sistem pembelajaran pondok pesantren salafi di kecamatan kresek kabupaten tangerang provinsi banten." Jurnal Analytica
Islamica 6, no. 1 11-21.
Utami, Lufiana Harnany. 2020. "Bersyukur dan resiliensi akademik mahasiswa."
Nathiqiyyah 3, no. 1 1-21.
Uyun, Zahrotul. ".". 2012. In Resiliensi dalam pendidikan karakter.
Wahid, Abdul Rahman. 2020. Jurnal Pendidikan Islam, vol. 15, no. 2 123-134.
Wahyudi, Setyo Adji, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. 2023. "Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka." Jurnal Pendidikan MIPA 13, no. 4 1105-1113.
Wahyuni, Ayu Sri. 2022. "Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa." Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 2 118-126.
WJS. Poerwadarminta. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Yaumi, Muhammad. 2016. In Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.
Yuniarti, Dwi. 2002. "Konseptika dalam Pendidikan menurut Imam Al-Zarnuji." Skripsi Semarang: IAIN Walisongo 33.
Zarnuji, Burhanuddin Al. 1978. " Terjemah Ta`limul Muta`allim Bimbingan Bagi
Penuntut Ilmu Pengetahuan, terjemahan: Aliy As`ad." In Terjemah Ta`limul Muta`allim Bimbingan Bagi Penuntut Ilmu Pengetahuan, terjemahan: Aliy As`ad, ii. Kudus: Menara Kudus.
Zed, Mestika. 2008. "Metode Penelitian Kepustakaan." In Metode Penelitian Kepustakaan,
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zubaedi. 2012. In Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga Pendidikan, 18. Jakarta: Kencana,.
—. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zuhairini. 1992. "Sejarah Pendidikan Islam." In Sejarah Pendidikan Islam, 7. Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan III.
Zumrotus, Sholihah. 2021. "KONSEP AKHLAK PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF
BURHANUDDIN AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM ." UIN
Raden Intan Lampung.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.2.2.155-162
Refbacks
- There are currently no refbacks.