Strategi School Branding dalam Meningkatan Animo Masyarakat Menyekolahkan Anak di MA Tsamrotul Huda Pulokulon Grobogan

Ihda Tsamrotul Hidayah

Abstract


Lembaga pendidikan bersaing untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas mereka. Tetap berada dalam persaingan yang ketat ini adalah tujuannya. Salah satu strateginya adalah dengan melakukan branding terhadap lembaga atau sekolah itu sendiri. Studi ini menggunakan metodologi kualitatif dan deskriptif. Kepala sekolah, humas, dan guru adalah subjek penelian, sedangkan objek penelitian adalah strategi branding sekolah untuk meningkatkan minat masyarakat menyekolahkan anak di MA Tsamrotul Huda Pulokulon Grbogan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan strategi school branding dalam meningkatkan animo masyarakat menyekolahkan anak di MA Tsamrotul Huda Pulokuon meliputi: a. akreditasi sekolah; b. memperbaiki tingkah laku siswa; c. meningkat prestasi siswa; d. meningkat program unggul sekolah; dan e. meningkatkan kualitas alumni. Dan penerapan strategi school branding dalam meningkatkan animo masyarakat menyekolahkan anak di MA Tsamrotul Huda Pulokuon dengan melibatkan seluruh pihak kelembagaan, baik sumber daya internal maupun eksternal. Sedangkan dampak strategi school branding dalam meningkatkan animo masyarakat menyekolahkan anak di MA Tsamrotul Huda Pulokuon berdampak pada internal dan eksternal.

Keywords


strategi, schoolbranding, animo.

Full Text:

PDF

References


Anjar Kurnia Adiningsih, d. (2023). Implementasi Metode Tahsin Binnadhor Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotenagah Wonosobo.

CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan.

Haq, R. d. (2014). Perencanaan Strategi Dala Persepektif Organisasi . Jurnal INTEKNA, No. 2.

Hariyati, N. M. (2022). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN

CITRA POSITIF SEKOLAH MADRASAH ALIYAH SWASTA

TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN. Jurnal Inspirasi Manajemen

Pendidikan, Vo. 10 No. 1.

Hariyati, Nafisatul Mukhafadlo dan Nunuk. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Sekolah Madrasah Aliyah Swasta

Tholabah Lamongan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 10 No. 1. Hidayat, R. (2019). KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH ABAD 21: SEBUAH TINJAUAN TEORITIS. JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN

SEKOLAH, Vol. 4 No. 1.

Humas. (2021, Februari 11). Hikmah Sholat Dhuha; Menurut Anjuran Nabi Muhammad SAW. https://gontor.ac.id/hikmah-sholat-dhuha-menurutanjuran-nabi-muhammad-saw/.

Indrawati Ningsih, d. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan

Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. JURNAL MAPPESONA, Vol 5 No. 1.

Joice Manurung, d. (2023). “Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana

Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment,”. Technomedia

Journal , Vol. 8, No. 2 .

Judge, S. R. (2013). Organizational behavior. Inggris: New Jersey: Pearson Education.

kbbi.kemdikbud.go.id/., K. (. (n.d.).

Kebudayaan, K. K. (2017). Panduan Kerja Kepala Sekolah. Direktorat Pembinaan

Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kependidikan, D. J. (2007). Budaya Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Maskurin. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Kudus: Media Ilmu Press.

Meila Hayudiyani, d. (2020). Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Unggulan Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.

Muhaimin. (2014). In P. d. Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Mujtahidah, N. (2021). “Strategi Sekolah Dalam Membangun Brand Image Guna

Peningkatan Daya Saing (Studi Kasus Di Smp Insan Terpadu Paiton Probolinggo). Malang: Tesis Jurusan Manajemen endidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Islam Maliki Malang.

Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasana, D. (2013). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mustika. (2020). Strategi Membangun School Branding dalam Meningkatkan

Daya Saing Sekolah di SMK Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Manajerial Bisnis, 11.

Ngadirun, S. d. (2005). Penyelenggaraan Program Kelas Unggulan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Nugraha, T. R. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Diponegoro Salatiga. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Permendiknas. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 13 tahun 2007 tanggal 17 april 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah.

Pijar. (2024, Agustus 13). 4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Persiapan Akreditasi Sekolah. https://pijarsekolah.id/blog/4-hal-yang-harus-dilakukanuntuk-persiapan-akreditasi-sekolah/.

Pradita, H. (2017). Pencitraan Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru Di SMA 48 Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.

Riza Rizkiyah, I. I. (2020). Strategies to Build a Branding School in Efforts to

Improve the Competitiveness ofIslamic Education Institutions: Strategi Membangun Branding School dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Proceedings of The ICECRS.

Saptiningsih, F. M. (2021). School Branding: Strategi Di Era Disruptif. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Sholeh, L. N. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Formal dalM Meningkatkan School Branding Pada Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume.

Sholihah. (2018). Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu. JMPI Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Studies, I. (2021, Oktober 25). 99 Names Of Allah For Kids With Meaning And Benefits. https://nooracademy.com/99-names-of-allah/.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syuhud. (2019). SEKOLAH UNGGULAN TUNTUTAN PENDIDIKAN GLOBAL.

Bidayatuna, Vo. 2 No. 1.

Team, I. C. (2023, Februari 23). 7 langkah mengatasi perilaku bermasalah di kelas. https://ielc.co.id/7-langkah-mengatasi-perilaku-bermasalah-di-kelas/.

Tysara, L. (2023, Januari 12). Tahsin adalah Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an, Simak Penjelasan Ahli. https://www.liputan6.com/hot/read/5178324/tahsinadalah-memperbaiki-bacaan-al-quran-simak-penjelasan-ahli.

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Vol. 2 No. 1, 18.

Wahed, A. (2018). STRATEGI MEWUJUDKAN SEKOLAH DAN MADRASAH UNGGULAN DI ERA GLOBAL. Al-Ibrah, Vol. 3 No.1.

Wijaya, Y. (2013, Februari 15). APEL PAGI : Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. https://www.pa-unaaha.go.id/berita/apel-pagi-melaksanakantugas-dengan-penuh-tanggung-jawab/2899.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.3.1.21-30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.