Penggunaan E-Book SSD sebagai Media Pembelajaran Digital untuk Menanamkan Akhlak Mulia bagi Siswa SD

Hanifah Nurjanah, Salsa Nur Rohmah, Siti Nurasiah, Ani Nur Aeni

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-Book SSD (Salat, Surat, Doa) sebagai media pembelajaran dalam rangka  Menanamkan akhlak mulia anak di SD. selain itu, tujuan lain dalam penggunaan E-book ini adalah untuk mempermudah dan menarik perhatian anak dalam belajar di sekolah. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model penelitian design and development (D&D) atau dapat disebut juga dengan design dan pengembangan. Penelitian dengan menggunakan model ini digunakan untuk mendesain, mengembangkan, menghasilkan produk dan mengevaluasi produk yang digunakan guna menetapkan dasar empiris dalam pengembangan produk. penelitian ini dilaksanakan di SD babakan Hurip. Subjek penelitian ini ialah untuk dosen ahli media, dosen ahli materi beserta guru dan siswa. sampel yang diambil sebanyak 7 orang guru, 10 orang murid dan 2 dosen ahli materi dan media. Hasil daripada penemuan dilapangan yang kami lakukan pada saat penelitian observasi berlangsung yaitu dimana para guru dan siswa masih belum terbiasa menggunakan E-Book atau yang biasa di sebut dengan buku digital, penggunaan E-Book ini pun mendapat sambutan hangat dari guru serta peserta didik,karena pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan akibat E-Book memuat gambar animasi,video animasi serta evaluasi yang menarik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku digital atau biasa disebut E-book efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena E-Book ini dapat menarik minat, motivasi dan rasa ingin tahu siswa melalui berbagai fitur yang termuat didalamnya.

 

The purpose of this study was to determine the effectiveness of using SSD E-Books as learning media in order to instill noble character in elementary school children. In addition, another purpose in using this E-book is to make it easier and attract children's attention in learning at school. This research applies a qualitative and quantitative approach with a design and development (D&D) research model or can also be called design and development. Research using this model is used to design, develop, produce and evaluate products that are used to establish an empirical basis for product development. This research was conducted at Babakan Hurip Elementary School. The subjects of this research are media expert lecturers, material expert lecturers along with teachers and students. The samples taken were 7 teachers, 10 students and 2 lecturers who are experts in materials and media. The results of the findings in the field that we did during the observation research took place, namely where teachers and students were still not used to using E-Books or what are commonly called digital books, the use of this E-Book also received a warm welcome from teachers and students, because learning was done with fun. because the E-Book contains animated images, animated videos and interesting evaluations. Based on the results of the study, it can be concluded that digital books or commonly called E-books are effective for use in learning because these E-Books can attract students' interest, motivation and curiosity through the various features contained therein.


Keywords


E-book; learning media; digital learning

Full Text:

PDF

References


Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., & Susilo, A. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2016). E-Book Media Pembelajaran Interaktif. E - ISSN: 2615-8787 E-BOOK, 71–76. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3529/2184

Pertiwi, R., & Sutama, S. (2020). Membudayakan Kelas Digital Untuk Membimbing Siswa dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 350–365. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p350

Qibtiya, M., & Kustijono, R. (2018). Keefektifan penggunaan e-book untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika (Snf), 1(1), 49–54.

Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). Multicultural Based Integrated Thematic E-book in SFH (School from Home) Activities. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153.

Nazarudin, A. (2021). Penge,bangan E-book dalam Pembelajaran. [online]. di akses dari: https://bdkbanjarmasin.kemenag.go.id/berita/pengembangan-e-book-dalam-pembelajaran-anang-nazaruddin

Novitasari, D. dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Elecrinic Book (E-BOOK) Berbasis Edmodo Kelas X SMK Kartikatama Metro. Jurnal Pendidikan UM Metro, 7(2), 107-115.

Rina Tiya Lestari, Eka Pramono Adi,Yerry Soepriyanto (2018) E-Book interktif. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.2.109-118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.