Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Buku KHR. As’ad Syamsul Arifin Riwayat Hidup dan Perjuangannya

Fatkhur Rokhim, Sarjuni Sarjuni, Toha Makhshun

Abstract


Pendidikan Islam adalah bagian yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Tidak hanya pengetahuan saja namun juga harus disesuaikan dengan kekuatan spiritual keagamaan agar menjadi manusia yang seutuhnya (Insan Kamil) yang sesuai dengan norma Islam. Pendidikan sendiri tidak hanya didapatkan daIam sekolah formal saja, akan tetapi dapat datang dari mana saja termasuk pendidikan dalam keluarga dan masyarakat sekitar. Salah satunya melalui buku KHR. As’ad Syamsul Arifin Riwayat Hidup dan Perjuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku KHR. As’ad Syamsul Arifin Riwayat Hidup dan Perjuangannya. Serta revelansinya dalam kehidupan masa kini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di dalam buku KHR. As’ad Syamsul Arifin Riwayat Hidup dan Perjuangannya terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi, yaitu nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak. Dan juga nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku KHR. As’ad Syamsul Arifin Riwayat Hidup dan Perjuangannya mempunyai relevansi dengan kehidupan masa kini. Dari ketiga nilai pendidikan Islam tersebut ada kaitannya dengan kehidupan masa kini misalnya saja penanaman rasa sabar, ketika sikap sabar di terapkan pada setiap individu generasi milenial ini tentunya dalam kehidupan yang sedang dilanda dengan adanya pandemi dapat dijalani dengan aman dan tentram. Juga nilai pendidikan Islam berupa menjauhi perbuatan dosa amat sangat diperlukan dalam kehidupan masa kini, apabila dalam kehidupan masa kini semua orang menerapkan sifat menjauhi perbuatan dosa, maka niscaya tidak ada tindakan kriminal yang terjadi karena pada sesungguhnya perbuatan kriminal adalah perbuatan dosa. Maka dari itu dapat terbentuknya suatu tatanan kehidupan yang aman, harmonis dan sejahtera,


Full Text:

PDF

References


Ahmad Zakaria. (2015). Pendidikan Nilai dan Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual.http:bdkbanjarmasin.kemenag.go.id, 76.

Asywil Rony, dkk. (2009). Alat Ibadah Muslim Koleksi Museum Adhityawarman. Padang: Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Barat.

Choirul Anam. (1994). KHR. As'ad Syamsul Arifin Riwayat Hidup dan Perjuangannya. Situbondo: PP. Salafiyah Syafi'iyah Situbondo.

Endang Saifuddin. (2010). Wawasan Islam Pokok-Pokok Pemikiran Tentang Islam.Jakarta: Rajawali.

Elizabeth, Hurlock. (1978). Child Development. Singa pore: Mcgraw-Hill.

Hasan Langgulung. (2003). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Jalaludin, A. (2013). Filsafat Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ngainun Naim. (2012). Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ryan, Michael. (2014). Paradigma Teori Sastra. Jogjakarta: Pustaka Saritama

Ramayulis. (2011). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Quantum Teaching.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. (2000). Metodologi Research , Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.

UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/budai.1.1.56-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.