PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD NEGERI KUMBO
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SD Negeri Kumbo, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Metode pembelajaran konvensional yang monoton dan tidak adaptif menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Media pembelajaran berupa aplikasi berbasis AI yang memanfaatkan algoritma Machine Learning (ML) dan Natural Language Processing (NLP) untuk menyediakan soal matematika interaktif dengan kemampuan adaptasi tingkat kesulitan secara real-time. Subjek penelitian adalah 35 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematika, lembar observasi, wawancara, dan angket respons pengguna. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji t-test, dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman konsep matematika siswa dengan skor rata-rata meningkat 25% dari pre-test ke post-test. Siswa dengan kemampuan awal rendah mengalami peningkatan lebih signifikan. Media pembelajaran mendapat respons positif karena fitur interaktif, adaptif, user-friendly, dan feedback real-time. Fitur unggulan meliputi sistem penilaian otomatis, modul pembelajaran adaptif, gamifikasi, dashboard analytics, dan interaksi natural language. Penelitian ini berkontribusi pada integrasi AI dalam pembelajaran matematika SD dan menyediakan model yang dapat diadaptasi untuk konteks sekolah dasar lainnya.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Kecerdasan Buatan, Machine Learning, Natural Language Processing, Pemahaman Konsep Matematika, Sekolah Dasar, Pembelajaran Adaptif.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, J., et al. (2023). Interactive AI-supported learning media. Journal of Educational Technology Research, 15(3), 45-62.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Cheung, A. C. K., & Slavin, R. E. (2023). The impacts of technology on mathematics learning. Educational Research Review, 38, 100-123.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2022). E-Learning and the Science of Instruction. Wiley.
Holmes, W., et al. (2022). Artificial Intelligence in Education. Center for Curriculum Redesign.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Hasil Asesmen Nasional 2023. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kumar, R., & Sharma, P. (2023). Artificial intelligence in education. International Journal of AI in Education, 8(2), 123-140.
Liu, Q., et al. (2022). The impact of AI-based learning systems. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(4), 567-589.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: Organisation for Economic Co-operation and Development.
Prensky, M. (2021). Digital Natives, Digital Immigrants: A New Way to Look at Ourselves and Our Kids. New York: Routledge.
Rowe, J., & Lester, J. (2023). Interactive learning media. Computers & Education, 195, 104-116.
Russell, S., & Norvig, P. (2020). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Pearson.
Samo, D. D., et al. (2023). Pengaruh media pembelajaran berbasis website. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(1), 89-101.
Sari, R., & Wijaya, A. (2023). Analisis pendekatan pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123-135.
Siregar, A. R., et al. (2024). Eksplorasi peran AI dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Keguruan, 1, 435-439.
Sukmawati, R., et al. (2024). Efektivitas media interaktif. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 95-104.
UNESCO. (2023). Global Education Monitoring Report: Technology in Education. UNESCO Publishing.
Vygotsky, L. S. (2020). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wadsworth, B. J. (2021). Piaget's Theory of Cognitive and Affective Development. Pearson Education.
Zeide, E. (2023). The ethics of AI in education. Journal of Educational Policy, 38(5), 789-806.
Zhang, K., & Aslan, A. (2021). AI-based interactive learning media. Journal of Educational Technology & Society, 24(3), 45-58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.