PENGARUH FLASH SALE, CASHBACK DAN TAGLINE “GRATIS ONGKIR” TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA IBU RUMAH TANGGA PENGGUNA SHOPEE DENGAN PERCEIVED VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh flash sale, cashback, dan tagline “gratis ongkir” terhadap perilaku impulsive buying dengan perceived value sebagai variabel mediasi pada pengguna platform Shopee, khususnya ibu rumah tangga di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 144 responden. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, serta analisis jalur (path analysis) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash sale dan tagline “gratis ongkir” berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived value, sementara cashback tidak berpengaruh signifikan. Selanjutnya, perceived value terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, serta mampu memediasi hubungan antara flash sale dan tagline “gratis ongkir” terhadap perilaku impulsive buying. Temuan ini menyimpulkan bahwa strategi promosi yang membentuk persepsi nilai dapat mendorong pembelian impulsif, sehingga promosi yang menimbulkan urgensi dan daya tarik ekonomis perlu dioptimalkan untuk meningkatkan minat beli konsumen.
Keywords: Flash Sale, Cashback, Tagline “Gratis Ongkir”, Perceived Value, Impulsive Buying
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Syauqi, Fauzi Arif Lubis, A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). JURNAL MANAJEMEN AKUNTANSI (JUMSI), 2(2), 309–324.
Andina Wulandari, D., & Primasatria Edastama. (2022). Pengaruh Gratis Ongkir, Flash Sale, Dan Cashback Atas Pembelian Impulsif Yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 29–36. doi:10.30640/jumma45.v1i2.320
Ervina, G., Simanjorang, E. F., & Siregar, N. A. (2024). Effects of Cashback, Flash Sale, and Free Shipping on Impulsive Buying at Shopee Marketplace. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 10(1), 61–72. doi:10.37567/alwatzikhoebillah.v10i1.2251
Feni Desy Fitriani, B. I. (2024). Pengaruh Flash Sale, Discount Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pengguna Shopee Di Soloraya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 712–723. Retrieved from https://doi.org/10.61722/jiem.v2i2.1031
Kinanti, R., & Noor Andriana, A. (2024). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline“Gratis Ongkir” Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Shopee Di Kota Samarinda. Terhadap Impulsive.... SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 541–551.
Mahendra, I. W. A. (2024). PENGARUH PERSEPSI HARGA , CASHBACK DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DI MARKETPLACE TOKOPEDIA.
Norhilaliah, E. S. A. (2024). PENGARUH PROGRAM FLASH SALE DAN CASHBACK TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP ( The Influence Of Flash Sale And Cashback Programs On Impulsive Buying Behavior Among Tiktok Shop Users ). Inovatif Jurnal Administrasi Niaga, 6(1), 51–57.
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179. doi:10.38043/jimb.v7i2.3841
Sundari, W. S., & Wahyuningtyas, Y. F. (2023). Pengaruh Diskon Harga, Gratis Ongkir dan Kemudahan Pembayaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Shopeefood DiYogyakarta. Jurnal Tambora, 7(3), 1–9. doi:10.36761/suffix
Yang, F., Tang, J., Men, J., & Zheng, X. (2021). Consumer perceived value and impulse buying behavior on mobile commerce: The moderating effect of social influence. Journal of Retailing and Consumer Services, 63(December 2020), 102683. doi:10.1016/j.jretconser.2021.102683
Refbacks
- There are currently no refbacks.