HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN SELF EFFICACY PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

Rista Hasna Nisrina, Luh Putu Shanti Kusumaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan self efficacy pada mahasiswa akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula sebagai subjek penelitian. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala self efficacy yang terdiri dari 36 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,951 dan skala dukungan sosial yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,952. Teknik analisis data menggunakan Product Moment. Hasil uji hipotesis yang diperoleh rxy = 0,653 yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan self efficacy pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi maka hipotesis pada penelitian dapat diterima.

Kata kunci: Dukungan sosial, self efficacy


Full Text:

PDF

References


Andi, Y., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2020). Pengaruh dukungan sosial, self esteem dan self-efficacy terhadap burnout mahasiswa (Studi kasus pada mahasiswa jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Islam Malang). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 9(13).

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. In S. Azwar, Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy Determinants of Anticipated Fears and Calamities. 45(2), 464–469.

Fokatea, F. A., Muzakkir, M., & Yusnaeni, Y. (2023). Hubungan Self Efficacy Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Stikes Nani Hasanuddin Makassar. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(5), 142–147.

Harefa, P. P. P., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap konsep diri pada remaja korban bullying. JCA of Psychology, 1(01).

Imam Hanapi, I. M. (2018). Dukungan sosial teman sebaya dengan self efficacy dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 37-45.

Nasution, O. S. (2022b). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Self Efficacy Pada Siswa/I Sma Negeri 4 Padangsidempuan. Repository UMA, 1(21), 100–109.

Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33.

Omnihara, H. W., Marpaung, W., & Mirza, R. (2019). Kepercayaan diri ditinjau dari dukungan sosial pada penyandang tuna netra. Psycho Idea, 17(2), 114–122.

Rachmawati, S., Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (n.d.). Self-Efficacy : Literature Review. 90–99.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Williams, J. D., & Takaku, S. (2011). Help seeking, self-efficacy, and writing performance among college students. Journal of Writing Research, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17239/jowr-2011.03.01.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.