DAMPAK FINANCIAL PERFORMANCE TERHADAP FIRM VALUE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak financial performance terhadap firm value pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021-2023. Financial performance pada penelitian ini menggunakan Return on Equity (ROE) dan Current Ratio (CR). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel 20 perusahaan. Analisis data dilakukan menggunakan model regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial performance yang diukur dengan ROE berpengaruh negatif signifikan terhadap firm value sementara Current Ratio tidak berpengaruh terhadap firm value.
Kata Kunci: Firm value, financial performance, return on equity, current ratio.
Full Text:
PDFReferences
Astuti, A., & Lestari, T. (2024). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Bidang Manufaktur. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 8(3), 2484–2499. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2303
Barokah, S., Ramlah, S., Teguh Pratama, W. C., Cahyani, R. N., & Purwanti, A. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Akutansi Dan Manajemen Nusantara, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.55338/jeama.v2i1.57
Budianto, A., & Wahyudi, A. S. (2020). Effect of financial performance on firms’ value of cable companies in Indonesia. Accounting, 1103–1110. https://doi.org/10.5267/j.ac.2020.7.008
Elisa, S. N. (2021). Pengaruh kinerja keuangan , ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10(7), 1–19.
Hasanah, U. N. (2023). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. INNOATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8901–8914.
Indrayani, I. N. K., Endiana, D. M., & Pramesri, I. G. A. A. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, kebijakan dividen, akuntansi lingkungan, leverage dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. 3(1), 52–62.
Jayati, A. K., Hariyani, D. S., Devi, H. P., Perusahaan, K., & Performance, C. (2021). CSR Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEI 2017-2019. 8(1).
Julian, A., & Setiawati, E. (2024). With Profitability As A Moderating Variable ( Empirical Study On Manufacturing Companies In The Consumer Goods Industry Sector Listed On The IDX For The 2019- Pengaruh Corporate Social Responsibility ( CSR ) Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. 5(1), 871–883.
Kezia Paat, S., Pelleng, A. O., & Walangitan, O. (2021). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Sub Sektor Makanan dan Minuman pada Bursa Efek Indonesia 2016-2018. Productivity, 2(3), 234–239.
Kurniasari, E. (2020). Pengaruh Current ratio , Debt to Equity ratio , dan Total asset turnover terhadap Nilai Perusahaan. INTELEKTIVA: JURNAL EKONOMI,SOSIAL & HUMANIORA, 2(05), 86–95.
Mulyanti, S., & Rimawan, M. (2022). Analisis Return on Equity, Return on Asset Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Pt. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(3), 50–61. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i3.467
Nur utami, C., & Widati, L. W. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. Owner, 6(1), 885–893. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.682
Oktaviani, S. A., Tripalupi, R. I., & Wardhiyah, M. L. (2023). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Return on Asset terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018-2022. Jurnal Ekonomi Akuntansi, 1(3).
Prena, G. Das, & Muliyawan, I. G. I. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(2), 131–142. https://doi.org/10.22225/we.19.2.1955.131-142
Puspita, G., & Wahyudi, T. (2021). Modal Intelectual (Intellectual Capital) dan Nilai Perusahaan Pada Industri Manufaktur. Owner, 5(2), 295–306.
Ryangga, R., Chomsatu, Y., & Suhendro. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Dan Return Saham Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018. Jurnal Akuntansi, 9(2), 150–159.
Setiawati, L. P. E., Mariati, N. P. A. M., & Dewi, K. I. K. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Ukuran terhadap Nilai Perusahaan. Remik, 7(1), 222–228. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12024
Silkfan, R., & Azwir, M. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ar-Ribhu, 5(2), 392–401. https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v5i2.739
Sulbahri, R. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 215–226. https://doi.org/10.33772/jumbo.v5i1.20332
Sulistiana, E., & Pranjoto, R. G. H. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Solvabilitas, Likuiditas, Aktivitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan. 2(1), 17–25.
Sumarsono, V., & Laksito, H. (2024). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Csr Dan Gcg Sebagai Variabel Pemoderasi. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 13(3), 1–14. https://doi.org/10.25105/mraai.v10i2.1018
Yunar, Y., & Hastiadi, F. F. (2020). Meninjau Peran Sektor Manufaktur dan Komunikasi Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 4(2), 183–205. https://doi.org/10.31685/kek.v4i2.505
Refbacks
- There are currently no refbacks.