PENGARUH UKURAN AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN DAN PERMEABILITAS PAVING BLOCK POROUS

Candra Irawan, Yoga Tegar Ardi Debi, Rachmat Mudiyono, Henny Pratiwi Adi

Abstract


Musim penghujan dapat menyebabkan genangan air pada permukaan jalan. Genangan air
terbentuk karena berkurangnya daerah resapan air akibat penggunaan perkerasan yang kedap
air. Genangan air dapat merusak lapisan perkerasan. Peneliti melakukan penelitian mengenai
paving block porous untuk mengatasi permasalahan tersebut. Paving block porous dibuat agar
perkerasan jalan memiliki kuat tekan dan permeabilitas yang sama-sama tinggi, pada
penelitian ini peneliti menganalisa pengaruh ukuran agregat kasar terhadap kuat tekan dan
permeabilitas paving block porous.
Penelitian ini membuat benda uji dengan komposisi untuk paving block menggunakan
semen, pasir dan abu batu dengan perbandingan 1:1,5:1,5. Benda uji yang dibuat berbentuk
segi enam dengan panjang sisi 11,5 cm dan tebal 6 cm, pada bagian tengah benda uji diberi
ruang berbentuk silinder dengan diameter 2 inch untuk diisi menggunakan beton porous. Beton
porous yang dibuat menggunakan 4 variasi ukuran agregat kasar, variasi 1 dengan agregat
kasar lolos saringan ½ inci tertahan saringan ¼ inci; variasi 2 dengan agregat kasar lolos
saringan ¾ inci tertahan saringan ½ inci; variasi 3 dengan agregat kasar lolos saringan 1 inci
tertahan saringan ¾ inci; variasi 4 dengan ukuran agregat campuran dari 3 variasi
sebelumnya. Setelah benda uji dibuat, dilakukan perawatan tiap 3 hari sekali dengan
menyirami benda uji menggunakan air. Setelah benda uji berumur 7 hari dilakukan pengujian
kuat tekan dan uji permeabilitas untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan ukuran agregat.
Hasil penelitian ini didapatkan kuat tekan tertinggi pada variasi 4 dengan nilai 22,94 MPa.
Ukuran agregat yang digunakan pada variasi ini memungkinkan rongga udara pada benda uji
menjadi lebih kecil sehingga meningkatkan kuat tekannya. Nilai permeabilitas minimal yang
ditetapkan ACI 522R-10 adalah 0,22 cm/s dengan nilai maksimal adalah 1,22 cm/s. Pada
pengujian permeabilitas hanya variasi 3 dan 4 yang memenuhi syarat minimum dari ACI 522R-
10 dengan nilai 0,23 cm/s dan 0,24 cm/s
Kata Kunci: paving blok; porous; kuat tekan; permeabilitas; agregat


Full Text:

PDF

References


‘Adilah, Faris. (2020). Pengaruh Campuran Silica Fume Sebagai Pengganti Sebagian

Semen Dalam Pembuatan Paving Block Dengan Metode Tekan. Skripsi Thesis.

Universitas Muhamaddiyah Surakarta.

Aulia, A.N. (2018). Karakteristik Beton Pori (Pervious Concrete) dengan Penambahan

Admixture Terhadap Laju Alir, Kuat Tekan dan Kuat Tarik Belah. Digital

Repository Universitas Jember

Desmaliana, Erma. (2018). Kajian Eksperimental Sifat Mekanik Beton Porous Dengan

Variasi Faktor Air Semen. Jurnal Teknik Sipil 16(01). 19-29.

https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jts/article/view/3147/1780

Erma, D. dkk. (2018). Kajian Eksperimental Sifat Mekanik Beton Porous dengan

Variasi Faktor Air Semen. Jurnal Teknik Sipil. 15(1).

https://doi.org/10.24002/jts.v15i1.3147

Ginting, Arusmalem. (2018). Pengaruh Ukuran Agregat Kasar Bergradasi Seragam

Pada Beton Porous. Researchgate.

https://www.researchgate.net/publication/335260169_PENGARUH_UKURAN_AGRE

GAT_KASAR_BERGRADASI_SERAGAM_PADA_BETON_POROUS_The_S

ize_Effect_Of_Uniformly_Graded_Aggregate_On_Porous_Concrete

Hambali, Mulkan. (2013). Pengaruh Komposisi Kimia Bahan Penyusun Paving Block

Terhadap Kuat Tekan Dan Daya Serap Airnya. Jurnal Teknik Kimia 19(04).14-21.

https://www.academia.edu/39753879/pengaruh_komposisi_kimia_bahan_penyusun_pa

ving_block_terhadap_kuat_tekan_dan_daya_serap_airnya

Hanif, A.A.F. & Umron, R. (2022). Analisa Perbaikan Tanah Lunak Metode Preloading

dengan Variasi Ketebalan Load Transfer Platform. Universitas Islam Sultan

Agung.

Himawan, Ragil Prasetyo.(2014). Analisis Kuat Tekan Paving Block Dengan Campuran

Minarex. Purwokerto. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Puwokerto.

Kazemi, F., & Hill, K. (2015). Effect of Permeable Pavement Basecourse Aggregates

on Stormwater Quality For Irrigation Reuse. Ecological Engineering, 77,

–195. https://doi.org/10.1016/j.ecoleng.2015.01.020

Khonado, M.F., dkk. (2019). Kuat Tekan dan Permeabilitas Beton Porous dengan

Variasi Ukuran Agregat. Jurnal Sipil Statik. 7(3), 351-358

Maulia, Iqbal. (2019). Sifat Mekanik Paving Block Komposit Sebagai Lapis Perkerasan

Bebas Genangan Air (Permeable Pavement). Jurnal Teknik, 13 (01). 9-16.

https://journal.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/2558

Mudiyono dkk. (2022). Pedoman Penyususnan Dan Penulisan Tugas Akhir. Semarang.

Fakultas Teknik, Universitas Islam Sultan Agung.

Putri, Elsyani Eka. (2019). Sifat Fisik Paving Block Komposit Sebagai Lapis

Perkerasan Bebas Genangan Air (Permeable Pavement). Jurnal Teknik, 13 (01).

-8.

https://journal.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/2557

Riyanto, Eko. (2023). Pengaruh Ukuran Agregat Kasar Terhadap Karakteristik Infiltrasi

dan Permeabilitas Beton Porous. Jurnal Surya Beton 7(01). 61-71.

https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryabeton/article/view/3038

Satrio, Dandi Dwi. (2020). Variasi Perbandingan Semen Dan Agregat Kasar Terhadap

Kuat Tekan Dan Porositas Beton Berpori. Jurnal Teknik Sipil 05 (02). 95-101.

http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/669

Setiawan, Agung. (2021). Evaluasi Sifat Mekanik Dan Hidraulik Beton Porous Dengan

Variasi Campuran. Prosiding CEEDRiMS.

https://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/view/13165

Ulfiana, dkk. (2021). Analisis Kerawanan Banjir Sebagai Pendukung Perencanaan

Model Water Sensitive Urban Design di Kabupaten Klaten. Media Komunikasi

Teknik Sipil

Rupiah, U.S. & Larasati, Z. (2023). Analisis Jointing Pada Perkerasan Paving Block

Untuk Mengatasi Amblesan dan Serapan Air. Universitas Islam Sultan Agung.

Wahyu. (2019). Cara Konversi Umur Beton Dengan Mudah. Scribd.

https://www.scribd.com/document/430799122/Cara-Konversi-Umur-Beton-Dengan-Mudah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.