PENGARUH UKURAN AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN DAN PERMEABILITAS PAVING BLOCK POROUS
Abstract
Musim penghujan dapat menyebabkan genangan air pada permukaan jalan. Genangan air
terbentuk karena berkurangnya daerah resapan air akibat penggunaan perkerasan yang kedap
air. Genangan air dapat merusak lapisan perkerasan. Peneliti melakukan penelitian mengenai
paving block porous untuk mengatasi permasalahan tersebut. Paving block porous dibuat agar
perkerasan jalan memiliki kuat tekan dan permeabilitas yang sama-sama tinggi, pada
penelitian ini peneliti menganalisa pengaruh ukuran agregat kasar terhadap kuat tekan dan
permeabilitas paving block porous.
Penelitian ini membuat benda uji dengan komposisi untuk paving block menggunakan
semen, pasir dan abu batu dengan perbandingan 1:1,5:1,5. Benda uji yang dibuat berbentuk
segi enam dengan panjang sisi 11,5 cm dan tebal 6 cm, pada bagian tengah benda uji diberi
ruang berbentuk silinder dengan diameter 2 inch untuk diisi menggunakan beton porous. Beton
porous yang dibuat menggunakan 4 variasi ukuran agregat kasar, variasi 1 dengan agregat
kasar lolos saringan ½ inci tertahan saringan ¼ inci; variasi 2 dengan agregat kasar lolos
saringan ¾ inci tertahan saringan ½ inci; variasi 3 dengan agregat kasar lolos saringan 1 inci
tertahan saringan ¾ inci; variasi 4 dengan ukuran agregat campuran dari 3 variasi
sebelumnya. Setelah benda uji dibuat, dilakukan perawatan tiap 3 hari sekali dengan
menyirami benda uji menggunakan air. Setelah benda uji berumur 7 hari dilakukan pengujian
kuat tekan dan uji permeabilitas untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan ukuran agregat.
Hasil penelitian ini didapatkan kuat tekan tertinggi pada variasi 4 dengan nilai 22,94 MPa.
Ukuran agregat yang digunakan pada variasi ini memungkinkan rongga udara pada benda uji
menjadi lebih kecil sehingga meningkatkan kuat tekannya. Nilai permeabilitas minimal yang
ditetapkan ACI 522R-10 adalah 0,22 cm/s dengan nilai maksimal adalah 1,22 cm/s. Pada
pengujian permeabilitas hanya variasi 3 dan 4 yang memenuhi syarat minimum dari ACI 522R-
10 dengan nilai 0,23 cm/s dan 0,24 cm/s
Kata Kunci: paving blok; porous; kuat tekan; permeabilitas; agregat
Full Text:
PDFReferences
‘Adilah, Faris. (2020). Pengaruh Campuran Silica Fume Sebagai Pengganti Sebagian
Semen Dalam Pembuatan Paving Block Dengan Metode Tekan. Skripsi Thesis.
Universitas Muhamaddiyah Surakarta.
Aulia, A.N. (2018). Karakteristik Beton Pori (Pervious Concrete) dengan Penambahan
Admixture Terhadap Laju Alir, Kuat Tekan dan Kuat Tarik Belah. Digital
Repository Universitas Jember
Desmaliana, Erma. (2018). Kajian Eksperimental Sifat Mekanik Beton Porous Dengan
Variasi Faktor Air Semen. Jurnal Teknik Sipil 16(01). 19-29.
https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jts/article/view/3147/1780
Erma, D. dkk. (2018). Kajian Eksperimental Sifat Mekanik Beton Porous dengan
Variasi Faktor Air Semen. Jurnal Teknik Sipil. 15(1).
https://doi.org/10.24002/jts.v15i1.3147
Ginting, Arusmalem. (2018). Pengaruh Ukuran Agregat Kasar Bergradasi Seragam
Pada Beton Porous. Researchgate.
https://www.researchgate.net/publication/335260169_PENGARUH_UKURAN_AGRE
GAT_KASAR_BERGRADASI_SERAGAM_PADA_BETON_POROUS_The_S
ize_Effect_Of_Uniformly_Graded_Aggregate_On_Porous_Concrete
Hambali, Mulkan. (2013). Pengaruh Komposisi Kimia Bahan Penyusun Paving Block
Terhadap Kuat Tekan Dan Daya Serap Airnya. Jurnal Teknik Kimia 19(04).14-21.
https://www.academia.edu/39753879/pengaruh_komposisi_kimia_bahan_penyusun_pa
ving_block_terhadap_kuat_tekan_dan_daya_serap_airnya
Hanif, A.A.F. & Umron, R. (2022). Analisa Perbaikan Tanah Lunak Metode Preloading
dengan Variasi Ketebalan Load Transfer Platform. Universitas Islam Sultan
Agung.
Himawan, Ragil Prasetyo.(2014). Analisis Kuat Tekan Paving Block Dengan Campuran
Minarex. Purwokerto. Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Puwokerto.
Kazemi, F., & Hill, K. (2015). Effect of Permeable Pavement Basecourse Aggregates
on Stormwater Quality For Irrigation Reuse. Ecological Engineering, 77,
–195. https://doi.org/10.1016/j.ecoleng.2015.01.020
Khonado, M.F., dkk. (2019). Kuat Tekan dan Permeabilitas Beton Porous dengan
Variasi Ukuran Agregat. Jurnal Sipil Statik. 7(3), 351-358
Maulia, Iqbal. (2019). Sifat Mekanik Paving Block Komposit Sebagai Lapis Perkerasan
Bebas Genangan Air (Permeable Pavement). Jurnal Teknik, 13 (01). 9-16.
https://journal.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/2558
Mudiyono dkk. (2022). Pedoman Penyususnan Dan Penulisan Tugas Akhir. Semarang.
Fakultas Teknik, Universitas Islam Sultan Agung.
Putri, Elsyani Eka. (2019). Sifat Fisik Paving Block Komposit Sebagai Lapis
Perkerasan Bebas Genangan Air (Permeable Pavement). Jurnal Teknik, 13 (01).
-8.
https://journal.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/2557
Riyanto, Eko. (2023). Pengaruh Ukuran Agregat Kasar Terhadap Karakteristik Infiltrasi
dan Permeabilitas Beton Porous. Jurnal Surya Beton 7(01). 61-71.
https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryabeton/article/view/3038
Satrio, Dandi Dwi. (2020). Variasi Perbandingan Semen Dan Agregat Kasar Terhadap
Kuat Tekan Dan Porositas Beton Berpori. Jurnal Teknik Sipil 05 (02). 95-101.
http://jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/669
Setiawan, Agung. (2021). Evaluasi Sifat Mekanik Dan Hidraulik Beton Porous Dengan
Variasi Campuran. Prosiding CEEDRiMS.
https://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/view/13165
Ulfiana, dkk. (2021). Analisis Kerawanan Banjir Sebagai Pendukung Perencanaan
Model Water Sensitive Urban Design di Kabupaten Klaten. Media Komunikasi
Teknik Sipil
Rupiah, U.S. & Larasati, Z. (2023). Analisis Jointing Pada Perkerasan Paving Block
Untuk Mengatasi Amblesan dan Serapan Air. Universitas Islam Sultan Agung.
Wahyu. (2019). Cara Konversi Umur Beton Dengan Mudah. Scribd.
https://www.scribd.com/document/430799122/Cara-Konversi-Umur-Beton-Dengan-Mudah
Refbacks
- There are currently no refbacks.