STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND POSITIONING KAFE LAMIAO CAT PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG

Hasnaa Izzatul Jannah, Mubarok .

Abstract


Kafe Lamiao Cat merupakan salah satu kafe yang ada di Kota Semarang di tengah banyaknya pilihan kafe saat ini. Keberadaan kafe ini tidak terlepas dari strategi positioning yang diterapkan untuk meningkatkan citra merek di kalangan konsumen di kota tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi positioning yang dilakukan oleh Kafe Lamiao Cat serta upaya yang dilakukan untuk menjaga eksistensinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan konstruktivisme.

Dalam penelitian ini, dua konsep yang digunakan adalah pendekatan STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) dan IMC (Integrated Marketing Communication). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kafe Lamiao Cat telah mengimplementasikan strategi STP melalui pembentukan berbagai segmen, penentuan target yang mencakup anak muda hingga dewasa, serta positioning yang sesuai. Selain itu, Kafe Lamiao Cat juga menerapkan alat promosi dalam IMC dengan memanfaatkan tiga metode, yaitu pemasaran digital, promosi penjualan, dan pemasaran langsung.

Kata Kunci : STP (Segmentasi, Targeting, Positioning), Brand Positioning, Integrated Marketing Communication


Full Text:

PDF

References


Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (11th ed.). New York: McGraw Hill Education

Clow, K. E., & Baack, D. (2018). Integrated Advertising, Promotion, an Marketing Communications (8th ed.). Pearson.

Destalia, T. (2019). Pembingkaian Berita Kenaikan Gaji PNS (Analisis Framing Model Zhongdang Pan Dan Gerald M. Kosicki UNtuk Berita Kenaika Gaji PNS Koran HarianTribun Jabar Edisi 9 Maret 2019). e-library UNIKOM

Gunawan, Andi Chakti. (2019). The Book Of Digital Marketing. Jakarta: Celebes Media Perkasa

Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan, & Musnaini Musnaini. (2020). Digital Marketing. Banyumas, Jawa Tengah: CV. Pena Persada

Hariyanti, & Wirapraja. (2018). Influencer Marketing: Strategi Pemasaran di Era Digital. Jakarta: Gramedia.

Jurnal Unived. (2020). Influencer Marketing: Cara Promosi yang Efektif. Mude, 1(1), 4372-3359

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran Jilid ke-12. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.