PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP KERJASAMA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PUZZLE FUN KELAS IV SDN REJOSARI 03 SEMARANG

Hanif Akmal Mulyadarma, Jupriyanto ., Yunita Sari

Abstract


Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan sikap Kerjasama siswa kelas IV SDN Rejosari 03 masih kurang. Bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan sikan Kerjasama siswa. Menggunakan metode Problem Based Learning benbantu media puzzle fun. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah serta sikap kerjasama siswa.

 

Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, sikap kerjasama, problem based learning.


Full Text:

Untitled

References


Afandi, M. (2013). Teori & Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNISSULA Press.

Afandi, Muhamad. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. In UNISSULA Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Astutiani R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54.

Fuadi, H., Melita, A. S., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167-174.

Nurhayati, Riah. (2022). Peningkatan keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Camva Tema 1 Kelas II SD Sarirejo Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4.(05).

Rahmawati, Ida Sari, dkk. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel DenganMacromedia Flash Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan. Vol. 1, No. 7. Hlm. 1323-1329. EIssn:2502- 471x. Sucipto, Maya Gustina, dkk. 2014. Bahasa Indonesia. Klaten. Intan Pariwara.

Roebiyanto, Goenawan dan Sri Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT RemajaRosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.