PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN GAME WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP PRESTASI DAN MINAT BELAJAR KELAS V SDN TAMBAKROTO

Bagus Try Prasetyo, Jupriyanto ., Yunita Sari

Abstract


Penelitian ini berfokus pada masalah rendahnya prestasi dan minat belajar siswa yang ditandai dengan gejala seperti siswa merasa bosan saat guru menyampaikan materi di kelas, bermain dengan teman di sampingnya, dan beberapa siswa mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan kualitas pendidikan memerlukan inovasi yang sejalan dengan perkembangan zaman. Salah satu inovasi tersebut adalah integrasi media yang efektif dan efisien dalam proses pembelajaran, di mana guru memegang peran penting. Penggunaan game Wordwall sebagai media pembelajaran menawarkan tampilan menarik dalam bentuk permainan yang membantu mengatasi kebosanan siswa selama pembelajaran berlangsung. Media ini mempermudah siswa dalam memahami materi dan mendorong mereka untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji independen sampel tes dan uji paired sampel tes untuk data akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game Wordwall dalam pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V, yang dibuktikan melalui hasil uji independent sampel tes dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hasil uji independent sampel tes juga menunjukkan bahwa penggunaan game Wordwall berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V, yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Wordwall, Minat, Prestasi


Full Text:

Untitled

References


Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653-1660. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62924&val=4564

Alifiya Salsabila. (2023). Pelita: Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada. 3(2), 42-51.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Chaerunisa, Z., & Latief, J. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2952-2960. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1043

Dr.H.Rostiana Sundayana, M. P. (2020). STATISTIKA PENELITIAN PENDIDIKAN (Cetakan ke). ALFABETA, cv.

Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Hanni Fadillah Nasutio, M. P. (2017). INSTRUMEN PENELITIAN DAN URGENSINYA DALAM PENELITIAN KUANTITATIF.

Isma Wulandari, R., & Irwan Jaelani, A. (2023). Menumbuhkan Antusiasme Dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Melalui Platform Wordwall Di Madrasah Ibtidaiyah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2578-2593. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8384

Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Komang Sukendra, K. S. A. (2020). Instrumen Penelitian (T. Fiktorius (ed.)).

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745-751.

Mukhid. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (cetakan pe). CV.Jakad Media Publishing.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Nur, L., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan media membelajaran interaktif Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education Universitas Jenderal Soedirman IAIN Metro, 2(2), 136-148. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy

Permana, R. A., Suarlin, & Salam, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VA SD Negeri Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar Relationship Of Student Learning Interest in Math Learning in VA Class SD Negeri Gunung. Pinisi Journal Of Education, 1, 1-10.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289-293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377

Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. JPTIV (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional ), 4(1), 1-8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/article/download/24664/15949

Sihite, D. M. (2024). Penerapan Media Berbasis Wordwall Dalam Belajar Di SMA Swasta Bersama Brastagi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1854-1859.

Simamora, T., AHarapan, E., & Kesumawati, N. (2020). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 195-196.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. ALFABETA, cv.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996


Refbacks

  • There are currently no refbacks.