NILAI AKHLAK DALAM FILM TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

Dimas Farid Susilo, Urip Mulyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika, khususnya analisis semiotika Roland Barthes. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, dengan film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" sebagai sumber utama dan buku, makalah, jurnal, serta publikasi lain yang relevan sebagai sumber sekunder. Menurut temuan penelitian, film ini mengandung prinsip-prinsip pendidikan moral, terutama yang berkaitan dengan konsep ketulusan (ikhlas). Untuk menjadi tulus, seseorang tidak hanya harus memaafkan orang lain atas kesalahan mereka tetapi juga memberikan bantuan kepada mereka di saat mereka membutuhkannya. Penekanan pada ketulusan ini tidak hanya menyoroti pentingnya membantu sesama sebagai bagian dari perilaku moral, tetapi juga memberikan pandangan yang lebih luas tentang bagaimana seseorang harus bertindak dalam situasi sulit. Oleh karena itu, menggunakan film sebagai alat pengajaran dapat menjadi strategi yang efektif dalam membentuk karakter moral siswa dan mengatasi masalah etika di kalangan generasi muda Indonesia.

Kata Kunci: Akhlak, Film, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck


Full Text:

Untitled

References


Amin, Samsul Munir. 2019. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah. Andriyani, Yulisa. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP N 01 Merkasa Aji Tulang Bawang”, Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.

Al-Fathoni, Ibnu Ahmad. 2015. Biografi Tokoh Pendidik dan Revolusi Melayu Buya Hamka.

Patani: Arqom Patani.

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arif, Farah Prilia. 2019. Relevansi Pemikiran Hamka dengan pendidikan karakter (Analisis Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck), Skripsi, Pekanbaru: UIN Suska Riau.

Azhar, Arsyad. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Bafadhol, Ibrahim.

“Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam”, Edukasi Islam, Vol. 06, No. 12.

Darojah, St. 2016. Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTsN Ngawen Gunung Kidul, Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol 1, No 2.

Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Manab, Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.

Mudjiono, Yoyon. 2011. Kajian Semiotika dalam Film, Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 1 No. 1.

Mukti, Ali. 2019. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Menggapai Matahari Karya Adnan Katino”, Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Saproni. 2015. Panduan Praktis Akhlak Seorang Muslim. Bogor: Bina Karya Utama.

Shidiq, Umar dan Chori, Moch, Miftachul. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Shihab, M. Quraish. 2012. AL-LUBAB; Makna, Tujuan, dan Pelajaran Dari Surah-surah al- Qur’an. Tangerang: Penerbit Lentera Hati.

Sufiah, Muhaimin. 2001. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya. Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembang Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trinova, Zulvia. Pemanfaatan Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTSN Model Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.Undang- undang RI No.20 tahun 2003.

Wibisono, Panji dam Yunita Sari. 2021. Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh dan Misbach Yusa Bira, Vol. 1, No. 1.

Wibowo, Widya. 2020. “Pendidikan Islam dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Merantau ke Deli Karya Buya Hamka”, Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatulloh.

Ya’cub, Mihmidaty. 2022. “Pendidikan Akhlak Dalam Pencapaian Ilmu Manfaat”, Attaqwa, Vol. 18, No. 1. Ya’qub, Hamzah. 1983. Etika Islam: Pembinaan Akhlakul Karimah. Bandung: Diponegoro.

Zainuddun, A. dan Muhammad Jamhari. 1999. Al-Islam 2: Muamalah dan Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Shidiq, Umar dan Chori, Moch, Miftachul. 2019. Metode Penelitian Kualitatifdi Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Shihab, M. Quraish. 2012. AL-LUBAB; Makna, Tujuan, dan Pelajaran Dari Surah-surah al- Qur’an. Tangerang: Penerbit Lentera Hati.

Sufiah, Muhaimin. 2001. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: RemajaRosda Karya. Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembang Bahasa. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Trinova, Zulvia. Pemanfaatan Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTSN Model Padang.

Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.Undang-undang RI No.20 tahun 2003.

Wibisono, Panji dam Yunita Sari. 2021. Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh dan Misbach Yusa Bira, Vol. 1, No. 1.

Zainuddun, A. dan Muhammad Jamhari. 1999. Al-Islam 2: Muamalah danAkhlak. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.