DINAMIKA PSIKOLOGIS PENGGUNA PINJAMAN ONLINE: STUDI KASUS PADA MAHASISWA YANG MELAKUKAN PINJAMAN ONLINE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran dinamika psikologis mahasiswa yang melakukan pinjaman online. Pinjaman online merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak jasa keuangan yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan semua proses yang dilalui mulai dari pengajuan hingga pencairan dana dilakukan secara online. Pinjaman online memiliki resiko yang fatal bagi penggunanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Dalam proses pengambilan data, peneliti melakukan wawancara terhadap lima subjek, yaitu K, R, U, F dan S yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengenai dinamika psikologis mahasiswa yang melakukan pinjaman online, dapat diketahui bahwa terdapat tiga aspek pembentukan dinamika psikologis dari kelima subjek yaitu kognitif, konatif dan afektif. Pada aspek kognitif diketahui bahwa alasan subjek melakukan pinjaman online yaitu karena kebutuhan, sedangkan faktor yang mendorong subjek melakukan pinjaman online yaitu pertemanan, ekonomi, kemudahan dan pengetahuan. Pada aspek afektif diketahui bahwa perasaan subjek setelah melakukan pinjaman online yaitu takut, malu, deg-degan, dan tidak menyangka. Pada aspek konatif diketahui jika subjek K menggunakan lima aplikasi, subjek R menggunakan tiga aplikasi, subjek U menggunakan satu aplikasi, subjek F menggunakan dua aplikasi, subjek S menggunakan dua aplikasi.
Kata kunci: Dinamika psikologis, Mahasiswa yang melakukan pinjaman online
Full Text:
UntitledReferences
Andista, D. R., & Susilawaty, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1228-1233.
del Río, A., & Young, G. (2006). The determinants of unsecured borrowing: Evidence from the BHPS. Applied Financial Economics, 16(15), 1119-1144. https://doi.org/10.1080/09603100500438791
Erdi, T. W. (2023). Faktor-Faktor Keputusan Melakukan Pinjaman Online: Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 407-414. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.613
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, R. R. I. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja.
Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Darmawan, D., Nurmalasari, D., Manajemen, P. S., & Sungkono, U. M. (2020). Hubungan Perilaku Konsumtif dan Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Pinjaman Online. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 98-110. Retrieved from https://jiped.org/index.php/JSP
Muttaqin, I., & Nuryanti, L. (2023). Online loan phenomenon among students: micro and macro psychological analysis Fenomena pinjaman online di kalangan mahasiswa: analisis psikologi mikro dan makro. 18(3).
Nursalim, Rizky, M. S., & Aguspriyani, Y. (2023). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH INDONESIA Nuralim1,. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3(1).
Rosadi, D. S., & Andriani, I. (2023). Hubungan Impulsive Buying dengan Perilaku Berhutang pada Pengguna Pinjaman Online. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3655-3664.
Sihombing, N. M. M., Suryanto, N. E., Mahameru, M., Setiawan, M. R., & Elisabeth Marsella, S. S., M. L. (2019). Dampak Penggunaan Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta. Proceeding SINTAK 2019, 3, 500-507.
Sinaga, H. D. E., Irawati, N., & Kurniawan, E. (2019). Financial Technology: Pinjaman Online, Ya Atau Tidak. Jtunas, 1(1), 14. https://doi.org/10.30645/jtunas.v1i1.6
Wood, M. (1998). Socio-economic status, delay of gratification, and impulse buying. Journal of Economic Psychology, 19(3), 295-320. https://doi.org/10.1016/S0167-4870(98)00009-9
Andista, D. R., & Susilawaty, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1228-1233.
del Río, A., & Young, G. (2006). The determinants of unsecured borrowing: Evidence from the BHPS. Applied Financial Economics, 16(15), 1119-1144. https://doi.org/10.1080/09603100500438791
Erdi, T. W. (2023). Faktor-Faktor Keputusan Melakukan Pinjaman Online: Inklusi Keuangan Sebagai Pemoderasi. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(4), 407-414. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i4.613
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, R. R. I. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja.
Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Darmawan, D., Nurmalasari, D., Manajemen, P. S., & Sungkono, U. M. (2020). Hubungan Perilaku Konsumtif dan Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Pinjaman Online. Jurnal Simki Pedagogia, 3(6), 98-110. Retrieved from https://jiped.org/index.php/JSP
Muttaqin, I., & Nuryanti, L. (2023). Online loan phenomenon among students: micro and macro psychological analysis Fenomena pinjaman online di kalangan mahasiswa: analisis psikologi mikro dan makro. 18(3).
Nursalim, Rizky, M. S., & Aguspriyani, Y. (2023). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DALAM MENGATASI KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA BANK SYARIAH INDONESIA Nuralim1,. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3(1).
Rosadi, D. S., & Andriani, I. (2023). Hubungan Impulsive Buying dengan Perilaku Berhutang pada Pengguna Pinjaman Online. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3655-3664.
Sihombing, N. M. M., Suryanto, N. E., Mahameru, M., Setiawan, M. R., & Elisabeth Marsella, S. S., M. L. (2019). Dampak Penggunaan Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta. Proceeding SINTAK 2019, 3, 500-507.
Sinaga, H. D. E., Irawati, N., & Kurniawan, E. (2019). Financial Technology: Pinjaman Online, Ya Atau Tidak. Jtunas, 1(1), 14. https://doi.org/10.30645/jtunas.v1i1.6
Wood, M. (1998). Socio-economic status, delay of gratification, and impulse buying. Journal of Economic Psychology, 19(3), 295-320. https://doi.org/10.1016/S0167-4870(98)00009-9
Refbacks
- There are currently no refbacks.