EFEKTIVITAS METODE YANBUA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN DI SD IT MIFTAHUL HIDAYAH MRANGGEN DEMAK
Abstract
Metode Adalah Suatu Cara Atau Proses Sistematis Yang Digunakan Untuk Melakukan Suatu Kegiatan Agar Tujuan Yang Diinginkan Dapat Tercapai. Metode Yanbua Adalah Metode Pembelajaran Al-Quran Yang Menekankan Pada Pendekatan Pendengaran Dan Gerakan Tangan Agar Membantu Anak-Anak Mudah Mengahafal, Menulis Dan Memahami Ataupun Membaca Al-Quran.Penelitian Bertujuan Untuk Mengetahui Efektifitas Metode Yanbua Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Di Sd It Miftahul Hidayah Mranggen Demak. Pertanyaan Yang Akan Dijawab Dalam Penelitian Ini Antara Lain Bagaimana Implementasi Metode Yanbua Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Di Sd It Miftahul Hidayah Mranggen Demak Dan Bagaimana Efektifitas Metode Yanbua Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Di Sd It Miftahul Hidayah Mranggen Demak. Metode Yang Digunakan Adalah Kuantitatif Dengan Alat Pengumpulan Data Kuesioner Atau Angket. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Kelas V Dan Vi Yang Berjumlah 66 Siswa. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Software Spss Versi 22. Berdasarkan Analisis Data, Menunjukkan Bahwa Terdapat 66 Siswa Yang Menjawab Angket Dan Memenuhi Kriteria. Berdasarkan Uji Hipotesis, Menunjukkan Bahwa Ada Efektivitas Metode Yanbua Terhadap Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa. Hal Ini Dibuktikan Dengan Nilai R Hitung Lebih Besar Dari Nilai R Tabel Yaitu Taraf Signifikan 5% Nilai Tabel 0,235 Sedangkan R Hitung Nilainya Sebesar 0,644.
Kata Kunci :Metode Yanbua, Siswa, Kemampuan Baca Tulis Al-Quran
Full Text:
UntitledReferences
Agus Subagyo. Aplikasi Metode Riset:Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix Methods. Inteligensia Media, 2020.
Ardilah, Novi. Implementasi Metode Yanbua Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Baca Al-Quran Di Smp Negeri 2 Jalancagak. Jurnal Pendidikan Tambusai 7, No. 3 (2023):21243-48.
Asrari, Jannatul, And Ahmad Kosasih. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al Quran Di Kelas XI Sma Negeri 1 Kecamatan Guguak. As-Sabiqun 4, No. 3 (2022):548-63.
Choeroni, Choeroni. Kh. M. Arwani Amin Sebagai Role Model Pendidikan Tahfidz Al Quran. Al-Fikri:Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 2, No. 1 (2019):37.
Choliyah, Siti Ayamil, And Muhammad Masud. Peningkatan Prestasi Belajar Membaca Al-Quran Dengan Metode Yanbua. Mudarrisa:Journal Of Islamic Education 5, No. 2 (2015):147.
Darajat, Zakia. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Bumi Aksara, 2014.
Dony Purnama, Muhammad, M Sarbini, And Ali Maulida. Implementasi Metode Pembelajaran Alquran Bagi Santri Usia Tamyiz Di Kuttab Al-Fatih Bantarjati Bogor. Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, No. 1 (2018):179-91.
Fatah, Ahmad, And Muchammad Hidayatullah. Penerapan Metode Yanbua Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al Quran Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kudus. Jurnal Penelitian 15, No. 1 (2021):169.
Mahdali, Fitriyah. Analisis Kemampuan Membaca Al-Quran Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar:Jurnal Studi Al-Quran Dan Hadis 2, No. 2 (2020):143-68.
Maiddah, Nur. Pengaruh Implementasi Metode Yanbua Terhadap Keterampilan Baca Tulis Al-Quran Pada Mata Pelajaran Al-Quran Science Kelas X Sma Di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan., 2022, 1-17.
Palufi, Ayi Nutfi, And Ahmad Syahid. Metode Yanbua Sebagai Pedoman Membaca Al-Quran. Attractive:Innovative Education Journal 2, No. 1 (2020):32.
Riyanti, Asih. Keterampilan Membaca. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952., 2021, 175-84.
Rosidi, Ahmad, And Izzah Ifkarina. Perencanaan Metode Yanbua Dalam Menghafal Al-Quran Di Pondok Pesantren Takhassus Tahfidzul Quran Yasinat Keselir Wuluhan Kabubaten Jember. Talimdiniyah:Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education Studies) 1, No. 1 (2020):37-56.
Sarjuni, Ali Bowo Tjahjono, Muhtar Arifin, Choeroni, Hidaytus Sholihah, Samsudin, Toha Maksum, Sugeng Hariyadi, Sukijan Athoillah. Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islam (Budai).
Refbacks
- There are currently no refbacks.