IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH

Putri Eka Ovtavia Maulana Dewi, Khoirul Anwar, M. Muhtar Arifin Sholeh

Abstract


Metode hypnoteaching merupakan sebuah metode pembelajaran yang bertujuan untuk membangun motivasi dalam diri setiap siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Metode hypnoteaching memberikan sugesti tetapi guru tidak perlu menidurkan siswa akan tetapi cukup menggunakan bahasa yang persuasif dan mudah dipahami. Metode hypnoteaching sangat penting untuk pembelajaran fiqih bagi sekolah-sekolah yang tujuannya untuk memberikan semangat,motivasi,pengetahuan dan inovasi pembelajaran kepada siswa yang saat kegiatan belajar mengalami jenuh dalam proses pembelajaran.Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa MI Klayusiwalan Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang melibatkan 29 siswa kelas VI MI Klayusiwalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi langsung di sekolah MI Klayusiwalan Pati tepatnya di kelas VI. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Dari proses penelitian yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil temuan bahwa, metode hypnoteaching untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas VI MI Klayusiwalan Pati berjalan dengan baik dibuktikan dengan adanya 3 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.

Kata Kunci: Metode hypnoteaching; Hasil belajar; fiqih


Full Text:

Untitled

References


Arta wiguna, I. bagus alit. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 66. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13006

As, K. (2018). Pretasi - Pai Hypno Teaching. 1.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam Pengertian Tujuan Dasar Dan Fungsi. Urnal Pendidikan Agama Islam -Talim, 17(2), 79-90.

HM, M. A. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106

Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 4(1), 114-126.

Ismi Auliyah, wawancara 25 J. (2024). No Title.

Jember, S. M. P. M., & Setiawan, B. A. (2018). Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Al-Islam Di. Jurnal Tarlim, 1(1), 51-62.

Kemenag, Q. T. (2019). No Title.

Lubis, A. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87-92.

Mahmudi, M. (2019). Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi. TADIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105

Miftakhurozaq, M. (2018). Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran PAI. Taallum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 83-104. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.83-104

Nursaadah, N. (2022). GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, no 1, 401. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Pendidikan, E. J., Teknologi, S., Zega, W. E., Nainggolan, J., & Surbakti, M. B. (2022). Belajar Siswa Kelas X MIA SMA Swasta Permata Kasih Unversitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia Pendahuluan Belajar merupakan proses interaksi terhadap lingkungan . Mendukung pernyataan itu, Afandi, dkk (2013: 3) juga berpendapat bahwa belajar merupak. 9(2), 404-414.

Puspitasari, W. D. (2018). Implementation of Hypnoteaching Methods to Improve Primary School Student Learning Outcomes. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Shaifudin, A. (2019). Fiqih dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 1(2), 197-206. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.170

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350-361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sugiarti, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Menggunakan Metode Hypnoteaching Bagi Siswa Kelas VIIC SMPN 29 Kaur. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 02(04), 2-6.

Sukman, S., & Ilyas, M. (2020). 672-1662-1-Pb (1). 09(01), 161-172.

Tjahjono, A. B., Sholeh, M. A., Muflihin, A., Anwar, K., Sholihah, H., Makhshun, T., & Hariyadi, S. (2023). Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI). CV. Zenius Publisher. https://books.google.co.id/books?id=MN_rEAAAQBAJ

Wawancara, 25 Januari, I. A. (2024). No Title.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.