STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEPATU LOKAL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @NOBRANDS_FOOTWEAR

Tasrif Rapizal, Urip Mulyadi, Mubarok .

Abstract


Perkembangan pesat tren fashion saat ini, didukung oleh kemajuan media sosial, menimbulkan persaingan sengit di pasar sepatu. No Brands, merek lokal yang unik, memanfaatkan Instagram untuk memperluas pasar dan meningkatkan citra merek. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran No Brands melalui akun Instagram @nobrands_footwear menggunakan pendekatan kualitatif dan Model Circular of SoMe. Hasilnya menunjukkan bahwa No Brands berhasil memanfaatkan Instagram secara efektif, namun masih ada potensi untuk peningkatan. Temuan ini memberikan wawasan tentang strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial bagi merek lokal, dengan implikasi praktis untuk meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran di Instagram.

 

Kata Kunci: Instagram, Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Merek Lokal, Strategi Pemasaran, No Brands


Full Text:

Untitled

References


Banjarhor, A. R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S. H., Munthe, R. N., Kato, I., & Hasyim, H. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Gregorius, A. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, & Desain Grafis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Luttrel, R. (2019). Social Media How To Engage,Share and Connect. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). ROWMAN & LITTLEFIELD.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Fiers, F. (2020). Hiding Traces of Status Seeking: Contradictory Tagging Strategies on Instagram. Social Media and Society, 6(2).

Giantika, Gan. (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran IndiHome Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia, Jurnal Komunikasi Vol 1 2 No 1 2021.

Hilmiyati (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Oleh Bukit Air Wedding Dalam Menarik Minat Konsumen Selama Pandemi Covid- 19 Melalui Media Sosial Instagram, http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK/article/view/12076.

Pane, D. N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian The Botol Sosro (studi Kasus Konsumen Alfamart abang Ayahanda). Jumant, 9(1), 13-25.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.