PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PELATIHAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PAI

Aliyatul Musyaropah, Samsudin .

Abstract


Seorang guru memiliki peran yang sangat penting untuk membawa kemajuan dan meningkatkan perkembangan lembaga pendidikan.  Karena peran yang dimiliki seorang guru diyakini sebagai arsitektur dalam membangun peradaban bangsa. Sebagai seorang pendidik, guru harus mampu memahami setiap peserta didik, agar peserta dapat memahami dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dalam pengembangan peserta didik tersebut seorang guru harus menguasai kompetensi pedagogik. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik tersebut seorang guru dapat mengikuti pelatihan teknologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis pada filsafat postpositivisme dan digunakan untuk melakukan penelitian pada kondisi obyek yang alamiah. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen sebagai lawan, dengan peneliti sebagai alat utama. Penelitian ini dilakukan di Sd Islam Plus Muhajirin. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pelaksanaan pelatihan teknologi pendidikan dalam pembelajaran PAI serta peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan teknoologi pendidikan dalam pembelajaran PAI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan teknologi pendidikan yang dilaksanakan secara rutin dari pihak sekolah maupun pelatihan dari luar sekolah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru sehinggamembuat peserta didik lebih aktif, responsive dan tidak mudah bosan terutama dalam pembelajaran PAI.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kompetensi Pedagogik, Teknologi Pendidikan


Full Text:

Untitled

References


Alwi Hilir. 2021. Pengembangan Teknologi Pendidikan Media Pembelajaran. In Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan Pendidik Dalam Menggunakan Media Pembelajaran. Lakeisha. Vol. 17.

Fitri, M. 2021. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Dasar PAB 16 Klambir V Kebun Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam.

Istiqomah. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 512-18. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.446.

Lubis, Husna. 2020. Peranan Teknologi Pendidikan Terhadap Guru Di Masa Depan. Jurnal Sintaksis 3 (04): 57-64. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/101.

Musyaadah, Umi. 2018. Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak 1 (2): 9-27. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada.

Rahayuningsih, Yayu Sri, and Tatang Muhtar. 2022. Pedagogik Digital Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu 6 (4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433.

Saeful, Achmad, Ferdinal Lafendry, and Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani. 2021. Lingkungan Pendidikan Dalam Islam. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4 (1): 50-67. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/246.

Talitha, Stella. 2022. Peningkatan Literasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 12 (1). https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i1.1509.

Tjahjono, A B, M A Sholeh, A Muflihin, K Anwar, H Sholihah, T Makhshun, and S Hariyadi. 2023. Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islami (BUDAI). CV. Zenius Publisher. https://books.google.co.id/books?id=MN_rEAAAQBAJ.

Zaenal, Mz, Abidin. 2021. Pengelolaan Kegiatan Pembelajar Berbasisi Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5 (2): 1-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.