ANALISIS VOLUME KERUSAKAN DAN KEANDALAN BANGUNAN PADA KOMPONEN STRUKTUR DAN ARSITEKTUR (STUDI KASUS PADA GEDUNG LPPM UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG)

Rifqy Anggoro Senoputro, Daffa Aditya Pratama, Henny Pratiwi Adi, Slamet Imam Wahyudi

Abstract


Suatu bangunan memerlukan perawatan serta perbaikan gedung jika sudah melebihi batas umur rencana. Umur maksimal suatu  bangunan adalah 30 tahun dan jika sudah melebihi batas maka perlu perhatian khusus. Gedung LPPM Universitas Islam Sultan Agung Semarang berdiri sejak tahun 1970 yang artinya umur bangunan tersebut sudah 53 tahun, serta pada saat musim hujan gedung ini juga sering terendam banjir karena posisinya yang berada dibawah elevasi jalan -0,30 meter. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kerusakan dan keandalan bangunan gedung pada komponen struktur dan arsitektur Gedung LPPM Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini dilakukan melalui observasi di lapangan, dimana untuk kerusakan menggunakan sistem pembobotan kuantitas dan untuk keandalan dengan memberikan penilaian skor terhadap hasil survey. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer meliputi denah bangunan dan volume kerusakan, serta data sekunder yang mengacu pada Permen PU No.29/PRT/M/2006 tentang pedoman teknis bangunan gedung dan Permen PU No.16/PRT/M/2010 tentang teknis pemeriksaan berkala bangunan. Hasil presentase yang didapat pada kerusakan struktur adalah 0% yang artinya tidak ada kerusakan, kemudian untuk arsitektur ruang dalam kerusakan paling besar adalah pelapis muka lantai 18,91% dan kerusakan arsitektur ruang luar paling besar adalah pelapis muka dinding 22,23 %. Kemudian untuk tingkat keandalan struktur mendapatkan angka 100%  dalam kategori andal dan arsitektur mendapatkan angka 92,23% dalam kategori kurang andal.

Kata Kunci: kerusakan, keandalan, bangunan gedung, arsitektur, struktur.


Full Text:

Untitled

References


Kristiana, W., Nuswantoro, W., & Yulfrida, D. A. (2017). Manajemen Perawatan dan pemeliharaan bangunan gedung pada kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Keteknikan, 1(1), 20-25.

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No 24 (2008) Tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bagunan Gedung, Jakarta

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No 29 (2007) Tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung, Jakarta

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No 26 (2008) Tentang persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan, Jakarta

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum No 16 (2010) Tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Berkala Bangunan Gedung, Jakarta

Purwanti, H., Fatma, N. F., & Firmawan, F. (2021). Identifikasi Kelayakan Gedung Kantor Kelurahan Kalicari Semarang Menggunakan Hammer Test. Jurnal Tematik, 3(2), 211-213.

Rahman, M. H., & Widiasanti, I. (2019). Analisa Pelaksanaan Manajeman Aset Infrastruktur Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta. PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa, 8(2), 156-168.

Rambe, Y. F. Z. (2017). Analisa Keandalan Fisik Bangunan Gedung (Studi Kasus: Gedung Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

UU RI No 28 (2002) Tentang Bangunan Gedung, Jakarta.

UU RI No 18 (1999) Tentang Jasa Konstruksi, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.