PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD

Lubab Ahsan, Yulina Ismiyati, Nuhyal Uliya

Abstract


Pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar diperlukan adanya sebuah inovasi baru yang bisa membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas adalah model pembelajaran quantum learning. Model pembelajaran quantum learning menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dan memudahkan proses pembelajaran, sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran, yang pada akhirnya dapat memaksimalkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap prestasi belajar IPAS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN Kedunguter berjumlah 64 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen quasi eksperimental desaign dan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil dari analisis data penelitian yang telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas pada pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji independent sample t test posttest menunjukkan bahwa sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis paired sampe t test nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap prestasi belajar.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Learning, Prestasi Belajar


Full Text:

Untitled

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2015). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2015). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.

Fitri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40-51. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., & Mayanti, I. (2023). 2322-2336. 3.

Ismiyanti, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PRAKTIKUM IPS SD PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 1-10.

Ismiyanti, Y., Ulia, N., Setiana, L. N., Afandi, M., Syaifudin, M., & Mayasari, N. (2019). Pendampingan Kelompok Guru SD Genuksari 02 dalam Pembuatan Action Research Melalui Metode Example NonExample. SENADIMAS.

Jupriyanto, J., & Nuridin, N. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 14.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Maulidi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13-22.

Rahmani, A. M., & Muslihah, N. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA di SDIT PERSIS 99 Rancabango). Institut Pendidikan, 1(2), 12-18. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61-85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Rustam, A., Murdana, I. M. R., & Usman, A. (2022). Effect of quantum learning model on mathematics learning outcomes of elementary school students. JME (Journal of Mathematics Education), 7(1), 1-5.

Silalahi, M. (2019). Students Effort to Improve Learning Results by Using Quantum Learning Method in North Tapanuli. International Journal of Chemistry, Mathematics and Physics, 3(3), 53-55. https://doi.org/10.22161/ijcmp.3.3.1

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Sugiyono-2015.pdf (p. 346).

Sujana, I. (2019). Jurnal Pendidikan Dasar. 4(2), 23-30.

Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Steam terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1887-1896.

Yarona, S. M., & Rorimpandey, W. H. F. (2023). TEACHER STRATEGIES USING QUANTUM LEARNING TO IMPROVE SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN CLASS IV OF ELEMENTARY SCHOOL OF GMIM 1 KAKASKASEN. Journal of Educational Learning and Innovation (ELI), 3(2), 368-379.

YITIGER, M. S. (2023). Does the Quantum Learning Model Increase Academic Achievement? A Meta Analysis Study. Cumhuriyet Uluslararasi Egitim Dergisi, 12(3), 568-582.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.