IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Malda Muthia Dewi, Khoirul Anwar

Abstract


Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang lebih mengoptimalkan peserta didik untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi dan bertujuan untuk memulihkan pendidikan di Indonesia setelah terjadinya pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Slawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer diambil dari guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMA N 1 Slawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka dari itu tujuan pada penelitian ini menggambarkan realita atau fakta di lapangan. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan Kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Slawi yaitu dengan mengikuti pelatihan Kurikulum Merdeka yang bertujuan agar guru lebih siap untuk menerapkan Kurikulum Merdeka pada pembelajarannya. Selain itu, guru juga melakukan tes diagnostik dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. (2) Dalam implementasinya, guru Pendidikan Agama Islam telah mengadaptasi metode belajar sesuai dengan kondisi dan kemampuan peserta didik. Materi diajarkan dengan mendalam dan memiliki makna yang signifikan, namun tetap disampaikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. (3) Evaluasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Slawi yaitu melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara terpisah. Penilaian sikap yang dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung, penilaian pengetahuan dilakukan melalui ulangan dan penilaian keterampilan dilakukan dengan menilai praktik keagamaan dan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi


Full Text:

Untitled

References


Abdurrah man Fatoni, Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta, 2011)

Anwar, Khoirul, Dadan Rusmana, Trinova Zulvia, Manesa, Eppy Setiyowati, Nanda Saputra, and others, Pengembangan Kurikulum Prototipe Untuk Pendidikan Indonesia Pada Tahun 2022, Jurnal Studi Namibia, 2023

Bekti Taufiq Ari Nugroho, Implementasi Pendekatan Saintifik (Yogyakarta: Deepublish, 2016)

Conny, R Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya (Jakarta: Grasindo, 2015)

Frimayanti, Ade, Implementas Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.11 (2017), 227-47

Hardani, Etode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2022)

Hasan, Informasi Dalam Kurikulum Merdeka (Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2023)

Huda, Nurul, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2017), 52-75 (https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113)

Judrah, Muhammad, Fungsi-Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Dan Kehidupan Manusia, Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 6.1 (2020), 98-111 (https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.121)

Lexy J Meolong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019)

Muharto, Metode Penelitian Sistem Informasi: Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Penelitian (Yogyakarta: Deepublish, 2016)

Mulyasa, E., Pengembangan Dan Implementasi Kurikuum Merdeka (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2022)

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 6313-19 (https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237)

Sarjuni, Ali Bowo Tjahjono, Muhtar Arifin Sholeh, Ahmad Muflihin, Khoirul Anwar, Choeroni, and others, Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Budaya Akademik Islam (BUDAI) (Semarang: CV. Zenius Publisher, 2023)

Setiawan, Aan, Almuthmainnah, and Arif Tirtana, Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat, Jurnal El-Fakhru, Islamic Education Teaching and Studies, 1.2 (2022), 107-19 (https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.7836)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.