HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP ORANG DENGAN HIV/AIDS (ODHA) DI BALKESMAS WILAYAH SEMARANG

Vina Helmaliya Anas, Moch Aspihan, Iskim Luthfa

Abstract


Kualitas hidup penderita HIV/AIDS sangat penting karena penyakit menular ini bersifat kronis dan progresif sehingga mempunyai dampak yang signifikan terhadap aspekikehidupan fisiki, mentali, sosial dan spiritual. Salah satu masalah kesehatan mental yang muncul adalah kurangnya dukungan keluarga, yang terkadang lebih sulit diatasi oleh pasien dan dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka. Pasien HIV/AIDS sebaiknya patuh dalam pengobatan ARV karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan yaitu pengetahuan dan dukungan keluarga. Pengetahuan yang baik menjadi dasar motivasi menjalani pengobatan ARV untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kualitas hidup penderita HIV/AIDS di Balkesmas Wilayah Semarang. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif cross-sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 78 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling yang metodenya mencakup seluruh populasi. Penelitian ini dilaksanakan di Balkesmas Wilayah Semarang pada bulan Juli 2023. Hasil analisis menunjukkan nilai korelasi pengetahuan sebesar 0,051 dengan P-value = 0.641 (P-value > 0,05) dan nilai korelasi dukungan keluarga sebesar 0,335 dengan P-value = 0,002 (P-value < 0,05). Untuk hasil uji statistik digunakan uji Sommers dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan kualitas hidup orang HIV positif dan terdapatihubunganiantara dukungan keluarga dengan kualitasihidupiorang HIV positifi.

Kata Kunci: HIV/AIDS, Pengetahuan, DukunganiKeluarga, KualitasiHidup

Full Text:

Untitled

References


Ayu Suntara, D. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Pengobatan Antiretroviral (Arv) Pada Penderita Hiv Dan Aids (Odha) Di Klinik Vct Rs St. Elisabeth Blok Ii Lubuk Baja Batam. 118-128.

Ayuba, A. (2022). Kelompok Dukungan Sebaya Terhadap Kepatuhan Minum Obat Antiretroviral(Arv) Pada Penderita Hiv/Aids Di Rsud Prof.Dr.H. Aloei Saboe. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan), 1077.

Cherry, A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pada Orang Dengan Hiv Dan Aids, 76-84.

Faridah, I. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Tentang HIV/AIDS Dan Upaya Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal Kesehatan, 43-58.

Fikih, N. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Lansia Di Rw 1 & Rw 2 Kelurahan Borong Wilayah Kerja Puskesmas Barua Makasar.

Khairunniza. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Odha Di Yayasan Pelita Ilmu Tahun 2020. Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 15-18.

Syatriani. (2023). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Pasien HIV dengan Orientasi Seksual MLM. Jurnal Keperawatan, 1771-1780.

Sehati, V. C. (2018). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HIV/AIDS YANG MENJALANI TERAPI DI KLINIK VCT SEHATI RSUD dr. T.C. HILLERS MAUMERE. 93-103.

Safitri, I. M. (2020). Relationship between Socioeconomic Status and Family Support with Quality of Life of People Living With HIV and AIDS. Jurnal PROMKES, 21.

Hardianti, T. (2023). NURSING ANALYSIS: THE RELATIONSHIP OF KNOWLEDGE AND FAMILY SUPPORT TO ANTIRETROVIRAL TREATMENT ADHERENCE IN PLWHA: TERHADAP KEPATUHAN PENGOBATAN ANTIRETROVIRAL PADA ODHA: STUDI LITERATUR. 41-47.

Nurfita, R. F. (2018). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, DUKUNGAN KELUARGA, DAN TINGKAT EKONOMI DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN. 1-12.

Parut, A. A. (2016). Hubungan Pengetahuan Tentang HIV/AIDS dengan Stigma terhadap ODHA pada Siswa Kelas XI SMK VI Surabaya. Jurnal Ners Lentera, 106-113.

Marra, C. M. (2014). Human immunodeficiency virus. Infections of the Central Nervous System: Fourth Edition, 1-15.

Liyanovitasari, L. (2021). Gambaran Kualitas Hidup Orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 75.

Nana Noviana, S. M. (2016). KONSEP HIV/AIDS SEKSUALITAS DAN KESEHATAN REPRODUKSI. Jakarta : Trans Info Media.

Romauli Pakpahan, S. N. (2014). KUALITAS HIDUP PASIEN HIV/AIDS (Diantara Dukungan Keluarga Dan Depresi). CV. Amerta Media .

Jaemi, J. (2020). Kepatuhan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) terhadap Pengobatan Anti Retroviral (ARV). JHeS (Journal of Health Studies), 72-84.

Rina, Aditiya. (2013). Kualitas hidup orang dengan HIV dan AIDS (odha) di Kabupaten Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.